Kondisi Kurang Sehat Tak Urungkan Niat BJ Habibie Ziarah ke Makam Ainun

PERISTIWA | 5 Juni 2019 12:45 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie melakukan ziarah ke makam isterinya yakni Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Ziarah yang ia lakukan ini juga untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan merdeka.com di lokasi, Habibie yang mengenakan jas warna hitam dan sarung, saat itu ditemani oleh putranya yakni Ilham Akbar Habibie dan beberapa cucunya. Saat itu, Habibie sempat membacakan Surat Yassin bersama anak dan cucunya.

Setelah membaca Surat Yassin, Habibie pun langsung memandikan atau membersihkan batu nisan Ainun dengan air kemudian menaburkan bunga.

Ternyata, momen Habibie ziarah sendiri menjadi pusat perhatian warga lain yang melakukan ziarah juga ke makam anggota keluarga mereka.

Tak sedikit warga yang menonton atau menyaksikan Habibie melakukan ziarah. Selain itu, banyak juga warga yang mengabadikan hal ini dengan berswafoto.

Ziarah yang dilakukan oleh Habibie ini, ternyata dengan dalam kondisi fisik yang kurang sehat. Ia pun tak banyak bicara kepada awak media.

"Maaf suara saya serak. Sedang sakit," kata Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Usai melakukan ziarah di makam Ainun, Habibie pun langsung meninggalkan makam Ainun.

(mdk/rhm)