Konsumsi Ganja, WN Jerman Dihukum 11 Bulan Penjara oleh PN Medan

PERISTIWA | 28 Januari 2020 23:48 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Seorang warga negara (WN) Jerman, Bernd Ulrich Heumann (39), terbukti bersalah mengonsumsi ganja. Dia dihukum 11 bulan penjara. Hukuman dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Jarihat Simarmata di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (28/1). Majelis menyatakan

Bernd Ulrich Heumann terbukti secara sah dan meyakinkan tanpa hak mengonsumsi narkotika golongan I tanaman sesuai dakwaan ketiga, yakni melanggar Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 11 bulan," kata Jarihat.

Dalam putusannya, majelis menyatakan bahwa hal yang meringankan terdakwa yakni pria itu tidak mengetahui perbuatan itu dilarang karena di negaranya (Jerman) tidak dilarang. Dia juga menyesali perbuatannya serta kooperatif selama persidangan.

Putusan majelis hakim dibacakan di hari yang sama dengan pembacaan tuntutan. Hakim langsung berdiskusi setelah sidang pembacaan tuntutan, di mana Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta agar Bernd Ulrich Heumann dihukum 16 bulan penjara.

Menyikapi putusan majelis hakim, penasihat hukum (PH) terdakwa, Charles Silalahi, menyatakan menerima putusan majelis hakim. Hal yang sama disampaikan JPU.

Berdasarkan dakwaan JPU Karya Saputra, perkara ini berawal saat terdakwa membeli daun ganja kering dari Heri (DPO) di Jalan Juanda Medan dengan harga Rp250.000 pada Minggu (21/7/2019).

Dua hari kemudian, petugas Polsek Medan Baru menangkap Bernd Ulrich Heumann di kamar kosnya di Jalan Sisingamangaraja, Gang Sumatera, Sidorejo II, Medan Kota, Medan. Di lantai kamar ditemukan 1 bungkusan koran berisi 90,1 gram ganja. (mdk/bal)

Baca juga:
Tanam Ganja dengan Cara Hidroponik di Kontrakan, Sejoli Asal Rusia Ditangkap
6 WNA Ditangkap di Bali karena Selundupkan Narkoba Terancam Hukuman Mati
Heroin Diedarkan Warga Pakistan di Jakpus Dibungkus Kotak Susu dan Gula
Penyelundupan Heroin Berkedok Susu Bubuk
Melawan Saat Ditangkap, WN Pakistan Bawa 5 Kg Heroin Ditembak Polisi
Diduga Jadi Bandar Narkoba, Artis Malaysia Ditangkap di Apartemen Tangerang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.