Korban Erupsi Gunung Ile Lewotolok Butuh Air Bersih, Makanan hingga Tenda Darurat

Korban Erupsi Gunung Ile Lewotolok Butuh Air Bersih, Makanan hingga Tenda Darurat
PERISTIWA | 1 Desember 2020 01:06 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Usai erupsi gunung Ile Lewotolok, Minggu (29/11) kemarin, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirimkan logistik ke Kabupaten Lembata, guna memenuhi kebutuhan warga yang mengungsi.

Kepala BPBD NTT Thomas Bangke mengatakan, terdapat 26 desa dari dua kecamatan yang terdampak langsung erupsi Ile Lewotolok. Warga telah dievakuasi dan mengevakuasi diri secara mandiri ke tempat pengungsian maupun rumah keluarga.

"Sampai dengan tadi malam itu ada 4.483 pengungsi yang tersebar di enam titik, yakni kantor bupati lama, aula anggara, kelurahan Lewoleba Tengah, Desa Tapolango, Desa Baupana dan kantor BKD," kata Thomas, Senin (30/11).

Menurut Thomas, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda Lembata terkait kebutuhan mendesak warga, berupa air bersih, sanitasi, tenda darurat serta makanan siap saji.

"Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur melalui penegasan gubernur dan kita telah lakukan koordinasi penguatan kepada kabupaten, dan hari ini saya sudah lakukan pertemuan dengan balai wilayah provinsi, untuk mengirim beberapa alat termasuk bantuan air bersih, sanitasi, tenda dan beberapa perlengkapan lain," jelasnya.

Masih menurut Thomas, 5.000 masker juga dikirim untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah bencana erupsi gunung Ile Lewotolok.

"Besok helikopter BNPB akan membawa bantuan dari dinas-dinas lain berupa makanan dan minuman siap saji," tutupnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Gunung Ili Lewotolok Kembali Erupsi
Gunung Ili lewolotok Erupsi, PMI Bantu Evakuasi warga ke Kantor Bupati Lama
5 Warga yang Hilang saat Erupsi Gunung Ile Lewotolok Akhirnya Ditemukan
4.628 Warga Melakukan Evakuasi Usai Gunung Ile Lewotolok NTT Erupsi
Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Ratusan Warga enggan Mengungsi
5 Anak Hilang Pasca Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami