Korlantas Polri Pastikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Sudah Layak Beroperasi

PERISTIWA | 8 Desember 2019 16:26 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Korlantas Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau kesiapan jalan tol layang Jakarta-Cikampek. Dalam waktu dekat, tol layang itu akan difungsikan atau dioperasikan untuk umum.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated II, tersebut sudah layak untuk dilewati kendaraan roda empat maupun lebih. Karena, jalan tol layang terpanjang di Indonesia itu sudah sesuai dengan standar.

"Ada standar minimal yang dilakukan Jasa Marga dan Kemenhub. Kalau standar jalan tol, saya pikir sudah layaklah (dilewati)," kata Istiono dalam keterangannya, Minggu (8/12).

Selain itu, ia memprediksi titik macet di jalan tol layang tersebut berada di KM 48. Karena, di sana merupakan exit tol yang mempertemukan kendaraan dari berbagai arah.

"Titik persinggungan nanti terjadi di KM 48, ada penyumbatan tol exit sedikit, saya pikir diurai ya. Saya perhatikan juga nanti rest area itu supaya kita atur dengan baik," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Tol Layang Bisa Meminimalisir Kemacetan

Menurutnya, dengan adanya jalan tol layang ini akan bisa meminimalisir kemacetan pada saat libur panjang seperti Natal dan tahun baru. "Pemberlakukan elevated ini tentunya bagian dari solusi pemerintah dalam rangka memperlancar arus pemudik menuju Jawa," ucapnya.

Ia mengungkapkan, akan melakukan evaluasi usai melakukan peninjauan ini. Karena, pihaknya akan memberikan yang terbaik kepada para pengendara pada saat jalan ini aktif pada 15 Desember 2019 mendatang.

"Kami akan tinjau dari kilometer sepuluh hingga 48. Sejak awal kami sudah mempersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik," ungkapnya.

Jenderal bintang dua ini menyakini, untuk kesiapan sarana dan prasarana sudah siap pada saat nanti digunakan untuk umum. "Tentunya dari pengembang jalan tol sudah memikirkan hal itu, tinggal nanti penanganan ketika ada insiden (di atas tol layang), itu harus disiapkan," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Tol Layang Jakarta - Cikampek Kurangi Kemacetan 30 Persen
Tol Layang Jakarta - Cikampek Siap Diresmikan 15 Desember Mendatang
BPJT Pertimbangkan Penyesuaian Tarif Tol Jakarta-Cikampek
Kemenhub Ingin Tak Ada Perbedaan Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek
Jasa Marga Fokus Kebut Pembangunan 3 Ruas Tol ini Hingga Akhir Tahun
Menteri Rini Harap Tol Layang Jakarta-Cikampek Selesai Dibangun Oktober

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.