Korlantas Polri Tanam 3 Ribu Pohon di Ruas Jalan Tol Bocimi Cegah Longsor

PERISTIWA | 17 Januari 2020 19:03 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kemenkes, Kementerian PPN/Bappenas, dan PT Jasa Raharja melakukan kegiatan penanaman 3.000 pohon di ruas jalan Tol Bocimi (Bogor, Ciawi dan Sukabumi), Jumat (17/1). Penanaman pohon ini diharapkan mencegah banjir dan longsor seperti yang terjadi di awal tahun ini.

"Tadi kita menanam pohon sebanyak 3 ribu. Hari ini serentak di induk-induk tujuh induk Korlantas ini menanam pohon ini dan mudah-mudahan di ruas tertentu akan kita tindak lanjuti lagi supaya fungsi jalan tol ada penguatan," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Istiono dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Menurut dia, penanaman pohon ini nanti akan diikuti secara serentak oleh seluruh Induk-Induk Patroli Jalan Raya Korlantas Polri. Selain jalan tol, nantinya penanaman pohon juga dilakukan di ruas jalan arteri, terutama jalan arteri baru dan belum ada penghijauan.

"Ini respon kita karena waktu musim hujan ini ada penggerusan jalan dengan ditanami pohon ini akan kita kuatkan lagi pencegahan bencana longsor, banjir," ujar dia.

Dia menjelaskan, jenis pohon ditanam mahoni, bolin, ebony. Pohon jenis itu selama ini dikenal kuat dan bisa menyerap air dan udara.

"Diikuti nanti terutama arteri baru. Ini kita prioritaskan karena yang lama udah banyak pohon," tandasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Polri Harap Penerapan e-Tilang di Surabaya Bikin Pengendara Tertib Berlalu Lintas
Mahfud Sebut Kasus Dugaan Korupsi Asabri Akan Ditangani Polri
Usai Diuji Coba, Tilang Elektronik Mulai Berlaku di Surabaya
Pengendara Diminta Korlantas Polri Tak Buang Sampah Sembarangan Cegah Banjir
Jenderal Idham Azis Singgung Gaya Istri Kapolres, Bandingkan dengan Ibu Iriana
Selidiki Korupsi PT Asabri, KPK akan Berbagi Peran dengan Polri
Bos Asabri Sebut Isu Korupsi Rp10 Triliun Hoaks

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.