KPAI Usul Internet Gratis sampai Jam Belajar Diperpendek Selama Sekolah Online

KPAI Usul Internet Gratis sampai Jam Belajar Diperpendek Selama Sekolah Online
PERISTIWA | 25 Juni 2020 17:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan catatan terkait pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Komisioner KPAI Retno Listyarti menyatakan pihaknya meminta agar akses internet digratiskan di jam belajar hingga memperpendek jam belajar siswa.

Dia menyebut pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersam Kemenag dan Kemendikbud terkait usulan ini.

"Kami juga kirim surat, KPAI bersurat ke Presiden terkait bagaimana evaluasi PJJ dan perbaikan PJJ ketika kondisi sekolah belum dibuka dan PJJ akan diperpanjang," ujar Retno di Komisi X DPR, Kamis (25/6).

KPAI, lanjut Retno, memberikan sejumlah rekomendasi dalam pelaksanaan belajar daring. Salah satunya agar internet digratiskan di jam belajar siswa.

"Menggratiskan internet. Ini kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kemkominfo. Itu juga dengan Pak Presiden tentunya dalam rapat terbatas. Karena kami mendukungnya karena ini jadi masalah juga. Dan penggratisan internet ini kami dorong adalah pada jam-jam PJJ saja, yaitu Senin sampai Jumat. Mungkin jamnya bisa 5-6 jam sehari," ujarnya.

Selain itu, KPAI juga meminta agar jam belajar daring di rumah diperpendek. "Jam belajar kami dorong untuk diperpendek. PJJ bukan memindahkan sekolah ke rumah, tapi sebaiknya menyusun jam belajar jadi efektif," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat (mdk/ray)

Baca juga:
Biznet Goes to School Online Dirilis, Tawarkan Materi Mendidik dan Menarik Siswa SMA
Pandemi Covid-19, Dikti Putuskan Perkuliahan Satu Semester ke Depan Lewat Daring
Pendaftar Peserta Didik Baru di DKI Sudah Mencapai 100 Ribu Lebih
KPAI Ingatkan Tak Semua Murid Sekolah Zona Hijau Tinggal di Lingkungan yang Sama
IDAI Tegaskan Indonesia Belum Siap Membuka Sekolah Kembali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami