KPK Bongkar Kasus Dugaan Korupsi di Papua Sore Ini

PERISTIWA | 7 Februari 2019 15:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengumumkan tersangka baru kasus dugaan korupsi yang terjadi di Papua. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya akan mengumumkan sore nanti.

"Sore akan kami sampaikan salah satu perkembangan penanganan perkara dugaan korupsi di salah satu daerah di wilayah Papua," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/2).

Febri mengatakan, pihak lembaga antirasuah fokus di penanganan perkara dugaan korupsi di Papua demi berjalannya pembangunan di ujung Timur Tanah Air ini.

"Karena pembangunan yang menggunakan uang rakyat semestinya dinikmati oleh rakyat Papua, tetapi ketika korupsi terjadi, maka ada pihak-pihak tertentu baik pejabat ataupun pihak swasta yang mengambil uang yang seharusnya menjadi hak dari rakyat tersebut," kata Febri.

Febri mengatakan, sejauh ini KPK sudah memproses sekitar 18 tersangka dari 9 kasus dugaan korupsi di wilayah Papua. Selain 9 kasus tersebut, menurut Febri masih ada indikasi korupsi lain yang masih diintai oleh KPK.

"Poin yang paling krusial adalah, KPK menangani tindak pidana korupsi di sana untuk mendukung pembangunan di Papua agar lebih dirasakan oleh masyarakat, karena kalau pembangunan tersebut dikorupsi oleh pejabat-pejabat di sana ataupun pejabat-pejabat di tempat lain dan juga pihak swasta maka yang dirugikan masyarakat," kata Febri.

Reporter: Fachrur Rozie

Baca juga:
KPK Minta Pelaku Penganiayaan Pegawainya Menyerahkan Diri
Jokowi Tantang Prabowo Lapor KPK Soal Anggaran Negara Bocor 25%
KPK Harap Polisi Segera Tangkap Pelaku Penganiayaan Dua Pegawainya
Alasan Penyelidik KPK Tak Hadiri Pemeriksaan Polda
KPK Yakin Parpol Tanpa Praktik Mahar Bisa Cegah Korupsi
Biaya Bikin Saung di Sukamiskin Rp 1,7 M, Napi Setor Rp 1,5 Juta Tiap Bulan

(mdk/dan)

TOPIK TERKAIT