KPK geledah rumah dinas anggota DPR dari PAN terkait suap dana perimbangan daerah

PERISTIWA | 26 Juli 2018 18:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - KPK menggeledah rumah dinas anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi PAN terkait kasus dugaan suap dana perimbangan daerah. Selain rumah dinas anggota DPR, KPK juga menggeledah apartemen Kalibata City yang dihuni tenaga ahli dari fraksi PAN serta rumah pengurus PPP di Graha Raya Bintaro.

"Hari ini dilakukan penggeledahan di tiga lokasi sejak pukul 09.00 WIB pagi sampai sore tadi dalam penyidikan kasus suap terkait dana perimbangan daerah dengan tersangka YP (Yudi Purnomo) dan AS (Amin Santono)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

Febri masih belum merinci siapa anggota DPR Fraksi PAN yang rumah dinasnya digeledah penyidik KPK.

Dari rumah dinas anggota DPR dan Graha Raya Bintaro, penyidik menyita dokumen diduga berkaitan dengan permohonan anggaran. Sedangkan dari apartemen Kalibata City disita kendaraan Toyota Camry.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka. Yakni anggota DPR Fraksi Demokrat Amin Santono, Yaya Purnomo, Ahmad Ghiast, dan Eka Kamaludin. Ahmad Ghiast dan Eka merupakan pihak swasta.

Mereka diduga melakukan tindak pidana suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P Tahun Anggaran 2018. Terkuaknya kasus ini merupakan kerja sama KPK dengan bantuan Inspektorat Bidang Investigasi Kementerian Keuangan.

Reporter: Fahrur Rozie

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
Wali Kota Blitar diperiksa KPK sebagai saksi untuk kasus suap Rp 1,5 miliar
KPK kembali periksa Mensos Idrus Marham terkait kasus PLTU Riau 1
KPK kembali periksa Bupati Bener Meriah Ahmadi dan kontraktor Susilo Prabowo
Lengkapi berkas perkara, KPK kembali periksa Bupati Bandung Barat Abubakar
Tersangka suap dana Otsus aceh T. Syaiful Bahri diperiksa KPK

(mdk/noe)

TOPIK TERKAIT