KPK Harap Jokowi Segera Umumkan Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan

PERISTIWA | 15 Desember 2019 18:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisoner KPK Saut Situmorang berharap Presiden Jokowi segera mengumumkan hasil investigasi kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan. Pengusutan kasus ini sudah berjalan dua tahun, namun pelakunya belum juga tertangkap.

"Kita harap segera diumumkan, kalau memang menunggu hari, karena dunia internasional mengamati," kata Saut saat ditemui di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (15/12).

Menurut Saut, tingkatan yang berbeda menjadi dasar waktu penegak hukum membongkar suatu tindak pidana.

"Setiap kasus itu ada tingkat kesulitannya berbeda untuk diungkap, kalau mau konsisten ya ini harus cepat, kita harap segera diumumkan kalau memang sudah menunggu hari, katanya ya," lanjut Saut.

Jika benar nantinya dalang penyerangan terhadap Novel dapat diungkap, Saut percaya indeks persepsi korupsi (IPK) dapat meningkat ke arah yang lebih positif.

"Jadi mudah-mudahan bisa lebih cepat diumumkan akan lebih baik, itu bisa mendorong IPK kita," tandasnya.

Seperti diketahui IPK Indonesia 2018 yang dirilis Transparency International Indonesia (TII) pada Januari 2019 lalu menunjukkan angka 38 poin. Poin ini meningkat 1 angka dari tahun sebelumnya yakni 2017 yakni 37 poin. Padahal menurut Komisioner KPK Laode Syarif, Indonesia seyogyanya mampu mencapai IPK di poin 50.

Reporter: M Radityo (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Tak Ada Pembahasan Kasus Novel dalam Pertemuan Menko Polhukam dan Kapolri
Saut Tak Masalah Jika Hanya Pelaku Teror Novel yang Terungkap
Saut Sumbang Sepeda Kesayangan Buat Pengungkap Kasus Penyiraman Novel
Moeldoko: Polri Kesulitan Ungkap Kasus Novel Baswedan
Kuasa Hukum Novel Khawatir yang Terungkap Hanya Pelaku di Lapangan Saja

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.