KPK Limpahkan Berkas Perkara Tahap 2 Eks Presdir Lippo Cikarang Terkait Suap Meikarta

PERISTIWA | 17 Januari 2020 19:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas penyidikan mantan Presiden Direktur Lippo Cikarang Bartholomeus Toto (BTO), tersangka kasus dugaan suap perizinan pembangunan Proyek Meikarta.

"Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka BTO (swasta), tindak pidana korupsi dugaan suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, ke penuntutan tahap 2," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri melalui pesan singkat diterima, Jumat (17/1).

Dia melanjutkan, dengan pelimpahan berkas dan barang bukti ini, BTO nantinya bisa segera disidangkan. Rencananya, sidang BTO akan dihelat di Pengadilan Negeri Bandung.

"Ya rencana di PN Bandung," jelas Ali.

Dalam kasus ini, Bartholomeus Toto ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan mantan Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa pada 29 Juli 2019. Toto bersama Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta.

Toto diduga menyuap mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin senilai Rp10,5 miliar. Uang diberikan kepada Neneng melalui orang kepercayaannya dalam beberapa tahap.

Sementara Iwa diduga telah menerima uang Rp900 juta dari Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili untuk menyelesaikan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi Tahun 2017. Perda RDTR Kabupaten Bekasi itu diperlukan untuk kepentingan perizinan proyek Meikarta.

Uang yang diberikan Neneng Rahmi kepada Iwa diduga berasal dari PT Lippo Cikarang. PT Lippo Cikarang disinyalir menjadi sumber duit suap untuk beberapa pihak dalam pengurusan izin proyek Meikarta.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono (mdk/gil)

Baca juga:
KPK Periksa Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Terkait Kasus Meikarta
Gugatan Praperadilan Ditolak, Eks Presdir Lippo Cikarang Kecewa
YLKI Catat Kasus Meikarta Menjadi Aduan Terbanyak di Sektor Perumahan
Majelis Hakim PN Jaksel akan Putuskan Praperadilan Megaproyek Meikarta Pekan Depan
KPK Panggil Saksi Kunci Kasus Meikarta yang Minta Perlindungan
Kasus Suap Sekda Jabar, KPK Siapkan 28 Saksi Dalami Peran Politikus PDIP
Gugatan Praperadilan Eks Presdir Lippo Cikarang Terkait Suap Meikarta Ditolak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.