KPK Minta Masyarakat Desa Aktif Awasi Anggaran Covid-19

KPK Minta Masyarakat Desa Aktif Awasi Anggaran Covid-19
Gedung KPK. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
PERISTIWA | 21 Mei 2020 03:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antarkomisi dan Instansi KPK Sujanarko meminta masyarakat desa untuk berperan aktif dalam aspek pengawasan. Hal ini terkait penggunaan negara untuk menangani Covid-19. Sebab tata kelola kerap diabaikan dalam situasi bencana seperti yang terjadi saat ini.

"Perlu ketahui sudah ada kebijakan Corona jadi bencana nasional sehingga sifat-sifat dari bencana nasional itu biasanya yang dikorbankan adalah governance-nya, tata kelolanya, pengawasannya," kata dia, dalam diskusi daring, Rabu (20/5).

Atas dasar itulah, peran masyarakat, terutama di desa sangat dibutuhkan dalam upaya pengawasan penggunaan anggaran penanganan Covid-19. Menurut dia, banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

"Di antaranya bisa jadi agen perubahan. kedua jadi pendamping aparatur desa untuk di desa tata kelolanya lebih bagus. Bisa juga jadi watchdog," ujar dia.

Terkait peran sebagai watchdog alias menjalankan fungsi pengawasan, dia meminta masyarakat agar tidak bertindak layaknya aparat penegak hukum ketika menemukan adanya penyelewengan dalam penggunaan anggaran penanganan Covid-19

"Biasanya NGO-NGO di Jakarta itu kalau menemukan penyimpangan apapun yang terkait dengan anggaran, terkait dengan pembangunan itu seakan-akan mereka ingin jadi polisi. ingin jadi lembaga pengawas seperti BPKP seperti BPK," ungkap dia.

"Kalau menurut saya peranan itu agak salah kaprah kalau itu dilakukan oleh NGO apalagi masyarakat desa yang paling penting adalah dalam konteks pengawasan saya usulkan masyarakat desa itu hanya menyampaikan penyimpangan ke publik supaya seluruh lembaga berwenang, misalnya lembaga pengawas desa, lembaga pengawas kabupaten, BPKP, Polisi dan lain-lain itu bergerak sesuai dengan fungsinya," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Berani Sampaikan Penyimpangan...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami