KPK Minta Pelaku Penganiayaan Pegawainya Menyerahkan Diri

PERISTIWA | 7 Februari 2019 13:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik status penanganan penganiayaan dua pegawainya naik ke tingkat penyidikan. Peningkatan status itu membuktikan adanya penganiayaan yang dilakukan terhadap pegawai KPK saat bertugas.

"Kami apresiasi cepatnya peningkatan perkara ke penyidikan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (7/2).

Febri berharap agar Polda Metro Jaya segera menemukan pelaku penganiayaan. Apalagi, bukti medis berupa visum dan rekam medis korban sudah diterima oleh polisi sebagai barang bukti.

"Mengacu ke KUHAP, tentu saja ini berarti penyidik (Polda) telah punya bukti bahwa diduga penganiayaan terhadap pegawai KPK yang sedang bertugas memang terjadi. Tinggal dalam proses penyidikan dilakukan upaya mencari tersangka," kata Febri.

Febri menyerahkan sepenuhnya kepada polisi untuk mengungkap kasus ini. Namun menurut Febri ada baiknya jika terduga pelaku menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

"Sikap jujur mengakui dan tidak menutup-nutupi fakta yang ada akan lebih dihargai. Para pimpinan dari pelaku penyerangan tersebut diharapkan memberikan arahan yang tepat pada bawahannya untuk patuh pada proses hukum," kata Febri.

Terkait dengan pemeriksaan polisi terhadap penyelidiknya yang masih di rawat di rumah sakit, Febri menyatakan pihaknya akan memfasilitasi. Namun tetap sesuai dengan arahan dokter.

"KPK juga memastikan akan memfasilitasi tim Polda yang membutuhkan pemeriksaan terhadap korban. Tentu dengan koordinasi dengan pihak dokter terlebih dahulu, karena korban sedang dirawat. Jika nanti pemeriksaan dilakukan ada kemungkinan dilakukan di rumah sakit tempat pegawai KPK dirawat," kata Febri.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
KPK Harap Polisi Segera Tangkap Pelaku Penganiayaan Dua Pegawainya
Kasus Penganiayaan Petugas KPK, Polisi Periksa 4 Orang & Sita Rekaman CCTV
Pemeriksaan 2 Pegawai KPK Atas Kasus Penganiayaan Batal Digelar
Polisi Periksa Pegawai KPK Dianiaya Karena Foto Gubernur Papua
KPK Yakin Visum dan Rekam Medis Buktikan Penganiayaan 2 Pegawainya

(mdk/ray)

TOPIK TERKAIT