KPK: Polri siapkan pengganti Brigjen Yurod

KPK: Polri siapkan pengganti Brigjen Yurod
NEWS | 6 Maret 2012 15:32 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu

Merdeka.com - KPK mencopot Brigjen Pol Yurod Sholeh dari posisinya sebagai Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK sejak 24 Januari 2012. Pencopotan itu diduga karena Yurod memiliki kedekatan dengan terdakwa kasus suap Wisma Atlet Palembang, M Nazaruddin. Mabes Polri sedang menyiapkan pengganti Yurod.

"Memang benar Pak Yurod dikembalikan ke Mabes Polri, tertera surat sampai 24 Februari dan sudah diterima oleh Mabes Polri. Saat ini sedang dilakukan proses pergantian dari pihak Mabes. Direktur Penyidikan itu harus dari Mabes," kata juru bicara KPK Johan Budi SP di gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/3).

Johan menyatakan, untuk mengganti tugas Yurod, sementara ditunjuk Wari Sadono selaku Plt Direktur Penyidik merangkap Direktur Penuntutan.

"Alasannya dalam surat penjelasan yang kami terima, pimpinan KPK yang baru mencoba melakukan penyegaran. Saya kira bukan cuma sektor penyidikan yang akan dilakukan pergantian. Ada beberapa posisi direktur di luar penindakan yang akan diganti," papar Johan.

"Ini untuk menjaga independensi penanganan kasus di KPK," imbuh Johan.

Ditanya tentang independensi seperti apa yang dimaksud, Johan berkilah yang mengetahuinya hanyalah para pimpinan KPK. "Yang tau lebih detail hanya pimpinan, proses pengembalian biasa di KPK, baik karena proses pengabdian, atau sudah habis, juga termasuk proses penyegaran," jawab mantan wartawan tersebut.

"Kan Pak Yurod baru 6 bulan," tanya wartawan. "Sebenarnya Pak Yurod orang lama di KPK. Tapi dia baru jadi direktur sejak KPK 2004. Penarikan ini karena dikembalikan dari KPK," tutup Johan.

(mdk/war)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami