KPK Sebut Jaksa dan Penyidik Dikembalikan Karena Kebutuhan Organisasi

PERISTIWA | 28 Januari 2020 22:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut jaksa dan penyidik yang dikembalikan ke instansi asalnya karena kebutuhan organisasi. Diketahui, dua penyidik kembali ke Polri dan dua jaksa kembali ke Kejagung.

"Jadi begini, memang ini ada kebutuhan organisasi baik dari Kepolisian atau dari Kejagung," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Dari keempat orang yang akan kembali ke instansi awal, menurut Ali, masih ada satu yang masih dalam tahap pengkajian. Yakni Rosa, lantaran masa tugasnya baru berakhir pada September 2020 mendatang.

"Namun, informasi terakhir memang untuk pengembalian salah satunya adalah Mas Rosa tadi masih dalam pengkajian kembali informasi dari pihak kepolisian, mengingat masa berakhirnya akan habis di bulan September 2020," kata Ali.

Ali membantah dua penyidik KPK, Rosa dan Hendra merupakan penyidik yang menangani kasus dugaan suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait penetapan anggota DPR RI Fraksi PDIP melalui mekanisme pergantian antar-waktu (PAW).

"Penyidiknya sepengetahuan kami yang menangani perkara Pak WSE (Wahyu Setiawan) dan kawan-kawan bukan tim Mas Rosa. Setahu saya satgasnya bukan. Untuk penyidikan bukan timnya, bukan salah satu tim satgas tim penyidik perkara pak WSE," kata Ali.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Pegawai KPK Minta Penarikan Jaksa yang Tangani Kasus PAW PDIP Ditunda
Ngaku Kecolongan, Pemprov DKI sebut Donny Saragih Sempat Diseleksi Eks Pimpinan KPK
Usai Puji Firli Memimpin KPK, Arteria Dahlan Ogah Komentar Soal Harun Masiku
Bertemu Menag, Ketua KPK Beri Peringatan Dini Bahaya Laten Korupsi
Ketua KPU Dicecar KPK Soal Aliran Uang Suap yang Diterima Wahyu Setiawan
Kata Polri Soal Kabar Penarikan Penyidik KPK yang Tangani Kasus PAW PDIP
Kadis PUPR Indramayu Jalani Pemeriksaan Lanjutan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.