KPK Siap Berbagi Informasi dengan Kejagung dan Polri Saat Gelar Perkara Djoko Tjandra

KPK Siap Berbagi Informasi dengan Kejagung dan Polri Saat Gelar Perkara Djoko Tjandra
Djoko Tjandra. ©ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
PERISTIWA | 10 September 2020 22:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melangsungkan gelar perkara kasus Djoko Soegiarto Tjandra pada Jumat (11/9). Gelar perkara akan dipimpin dihadiri oleh ketua wakil ketua KPK juga perwakilan Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri.

Deputi Penindakan KPK, Karyoto, menyebut pimpinan KPK akan mendalami langsung kasus tersebut di hadapan Bareskrim dan Kejagung.

"Pimpinan KPK sangat concern, artinya beliau-beliau juga ada pandangan-pandangan yang mungkin akan didalami, makanya dalam kewajiban sebagai amanat undang-undang melakukan supervisi," ujar Karyoto di Gedung KPK, Kamis (10/9).

Karyoto mengatakan, pimpinan KPK akan mendengarkan langsung paparan dari pihak Bareskrim dan Kejagung. Pimpinan juga akan menanyakan secara langsung kepada perwakilan kedua lembaga terkait kasus Djoko Tjandra.

"Tentunya ini nanti kita akan lihat bagaimana dari hasil-hasil yang sudah digelar perkara kan, dan tentunya juga diskusi internal kami dan pimpinan ada hal-hal yang akan ditanyakan, atau perkembangannya bagaimana," kata dia.

Karyoto mengatakan, dirinya dan pimpinan KPK telah memiliki banyak informasi dan data terkait kasus Djoko Tjandra. Karyoto mengatakan, tak tertutup kemungkinan nantinya pihak KPK memberikan informasi dan data baru kepada Bareskrim dan Kejagung.

"Dalam gelar perkara, dalam proses penyidikan, kita harus mengedepankan fakta, tidak boleh asumsi, tidak boleh opini, tentunya kami sudah banyak bahan juga dari Bareskrim dan sumber lain, tentunya ini kan didiskusikan dan apapun ceritanya, ini belum mulai bagaimana ada tambahan, kalau kita menambahkan Bareskrim siap, Kejaksaan siap yang sifatnya baru, ya kita lihat," kata dia.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami