KPK Siapkan Hadiah buat Pelapor Praktik Korupsi, Identitas Disamarkan

KPK Siapkan Hadiah buat Pelapor Praktik Korupsi, Identitas Disamarkan
Pertemuan pimpinan KPK dan ketua PPATK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko
PERISTIWA | 9 Januari 2019 12:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan hadiah kepada siapa pun yang melaporkan terduga koruptor. Bahkan dengan menggunakan identitas samaran bernamakan Gundala Putra Petir sekalipun, lembaga antirasuah itu akan menyelidiki aduan tersebut.

"Bisa lapor namanya Gundala Putra Petir terus datanya (yang dilampirkan) banyak banget. Nah kita selidiki dan nanti yang lapor dapat hadiah," tutur Ketua KPK Agus Rahardjo di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (9/1).

Menurut Agus, pelapor tentunya mendapatkan perlindungan dan boleh menyembunyikan identitasnya. Untuk itu, jangan sungkan menjadi bagian dalam pemberantasan korupsi khususnya di instansi pemerintahan.

"Kenapa KPK bisa melakukan OTT banyak, dasarnya itu informasi dari masyarakat. Masyarakat itu bisa siapapun. Pak Menteri itu bisa yang lapor salah satu Dirjennya, bendaharanya, bisa terjadi," jelas dia.

Sejauh ini, KPK telah memberikan dua hadiah kepada pelapor koruptor. Hanya saja, besarannya tidak sesuai dengan keinginan KPK.

"Kita memang tidak menyiapkan, hanya sayang peraturan yang baru lebih rendah hadiah daripada yang lalu. Padahal ingin saya itu lebih tinggi. kalau peraturan yang lalu 2,5 permil tidak ada batas pelapornya, kalau hari ini 2,5 permil batasnya Rp 200 juta. Yang saya pinginnya 1 persen tidak ada batasnya supaya banyak yang lapor," kata Agus.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Polisi Selidiki Benda Diduga Bom di Rumah Kedua Pimpinan KPK
Rumah Pimpinan KPK Laode Muhammad Syarif Diteror, Polisi Hingga Densus Diterjunkan
Rumah Ketua KPK di Bekasi Diteror, Tim Gegana Sisir Lokasi
Kemendikbud Gandeng KPK Awasi Dana Pendidikan 2019 Rp 487 Triliun
Kasus Suap Meikarta, Aher Penuhi Panggilan KPK Setelah 2 Kali Mangkir
Usai Diperiksa KPK, Gamawan Fauzi Tebar Senyuman

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami