KPK Sisir Wilayah Terindikasi Tempat Persembunyian Harun Masiku: Belum Tertangkap

PERISTIWA | 27 Januari 2020 10:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua KPK Firli Bahuri menyebut KPK sudah mencari tersangka Harun Masiku di berbagai daerah di Indonesia. Pihaknya mengklaim sudah mencari dari Sulawesi dan juga Sumatera Selatan. Namun hingga kini hasil masih nihil.

"Kami sudah cari, semua wilayah yang ada indikasi ada tempat persembunyiannya, apakah di Sulawesi, apakah di Sumatera Selatan, sudah kita lakukan semua. Tapi belum ada, belum ketangkap," kata Firli di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (27/1/2020).

Firli menyatakan mencari seorang buron bukan hal yang mudah. Ia mengibaratkan mencari jarum dan tumpukan jerami.

"Nyari orang itu enggak gampang memang ya, itu sama dengan cari jarum dalam sekam, oke," ujarnya.

Meski mengakui kesulitan mencari kader PDI Perjuangan yang terjerat kasus dengan Komisioner KPU Wahyu Setiawan itu, Firli tetap yakin suatu saat Harun akan tertangkap KPK.

"Pasti akan ketangkap," katanya.

Sementara itu, anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Panggabean menyerahkan pencarian Harun pada pimpinan KPK.

"Kami tidak mencampuri urusan ya. Tanya saja sama pimpinan ya bagaimana prosedur pencarian itu ranah pimpinan," tandasnya.

1 dari 1 halaman

KPK RDP dengan DPR

Sementara itu, Komisi III DPR RI melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK dan Dewan Pengawas KPK. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut RDP pertama dengan Dewas ini akan membahas program KPK 2019-2024.

"Ada pertanyaan yang disampaikan kepada kita dan itu adalah minta penjelasan terkait bagaimana program KPK ke depan. baik itu renstra 2019-2024, maupun rencana kerja tahunan KPK 2020," kata Firli di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (27/1/2020).

Termasuk, kata Firli, juga akan membahas pola kerja antara Dewas dan Komisioner. "Semua proaktif semuanya produktif dan tidak ada suatu persoalan yang menghambat, pasti nanti disampaikan," ucapnya.

Sementara itu anggota Dewas Tumpak Panggabean menyebut hari ini pihaknya akan menjawab beberapa pertanyaan dari komisi III

"Nanti ada 3 pertanyaan DPR ke kami. Kami akan jelaskan," ucapnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Dewan Pengawas KPK Ogah Ikut Campur Pencarian Harun Masiku
KPK Mulai Kehilangan Taji
KPK Pastikan Buru Politikus PDIP Harun Masiku
KPK Bantah Pernyataan Hasto Kristiyanto Soal Harun Masiku Korban
VIDEO: Respons Jokowi Soal Simpang Siur Data Imigrasi di Kasus Harun Masiku

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.