KPK Tegaskan Kasus Jaksa Pinangki Diambil Alih Jika Kejagung Tak Profesional Mengusut

KPK Tegaskan Kasus Jaksa Pinangki Diambil Alih Jika Kejagung Tak Profesional Mengusut
PERISTIWA | 8 September 2020 13:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - KPK memastikan mengawal ketat proses hukum dugaan korupsi Jaksa Pinangki Sirna Malasari dalam pusaran kasus Djoko Tjandra di Kejagung. KPK menegaskan akan mengambil alih kasus tersebut dari Kejagung apabila proses penyidikan tak berjalan dengan baik.

"Masalah supervisi dan pengambilalihan ini hal yang berbeda. Kan dalam supervisi ini kita melihat apakah proses penyidikan Jaksa Pinangki ini on track atau tidak. Dalam Undang-undang ada syarat-syaratnya, apabila salah satu syaratnya ada di sini, kami sangat memungkinkan (ambil alih)," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto saat menghadiri ekspose kasus Jaksa Pinangki di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (8/9).

Menurut Karyoto, Kejagung sejauh ini memberikan pemeriksaan lengkap dan cepat kepada KPK. Dia pun mengapresiasi profesionalitas kerja jajaran Kejagung dan tetap akan terus mengawal sampai ke persidangan nanti.

"Kalau berjalan baik, profesional, ya kita tidak akan mengambil alih itu," kata dia.

Sementara itu, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Ali Mukartono menambahkan, KPK memiliki wewenang mengambil alih kasus jaksa Pinangki sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang. Namun mengambil alih kasus itu lebih dulu melihat perkembangan penyidikan perkara tersebut apakah sudah berjalan sesuai atau tidak di Kejagung.

"KPK ambil alih itu kan perintah Undang-Undang. Disupervisi bisa karena Undang-Undang. Tapi kan tidak semua diambil alih. Tapi diambil alih bisa. Kita jalankan dulu, kita tunggu perkembanganya. Tapi dari sisi Undang-Undang memungkinkan (diambil alih)," kata Ali.

Baca Selanjutnya: KPK Hadiri Ekspose Kasus Jaksa...

Halaman

(mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami