KPU Ingatkan Keadilan Pemilu Tidak Bisa Diselesaikan dengan Aksi Jalanan

PERISTIWA | 22 Mei 2019 11:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada para demonstran untuk menghormati keputusan dan menjaga situasi agar tetap damai. Komisoner KPU Viryan Aziz mengingatkan, jika demonstran tidak puas dengan hasil Pemilu, bisa menyelesaikan melalui jalur hukum di Mahkamah Konstitusi.

"Sebenarnya keadilan dalam pemilu dalam kerangka negara demokrasi yang salah satunya bermuara pada aspek hukum itu melalui MK," kata Viryan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

Dia menjelaskan publik seharusnya menyerahkan seluruh proses pada Mahkamah Konstitusi untuk mendapatkan keadilan pemilu. Sebab, keadilan tidak akan diselesaikan lewat aksi-aksi di jalan.

"Jadi mendapatkan keadilan dalam pemilu atau keadilan dalam demokrasi itu tidak akan selesai lewat aksi-aksi jalanan. Hanya bisa selesai melalui mekanisme hukum dan itu ada di MK," lanjut Viryan.

"Pada konteks itulah kami sehingga apresiasi dan menghormati langkah-langkah yang diambil seluruh peserta pemilu yang menduga, yang merasa, yang melihat, yang memiliki bukti bahwa dalam proses pemungutan serta penghitungan suara, serta rekap, terdapat dugaan-dugaan kecurangan," tambah Viryan.

Baca juga:

Hasil Rekapitulasi KPU, Mantan Ketua MK Minta Pendukung Capres Tak Saling Mengolok

KPU Tetap Bekerja Selesaikan Berkas Pemilu Meski di Luar Gedung Ada Aksi Demo 22 Mei

4 Dampak Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 ke Ekonomi RI

Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Jokowi

KPU Persiapkan Diri Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu di MK

TKN Siap Hadapi BPN di Mahkamah Konstitusi

(mdk/noe)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com