KPU kembalikan dana hibah Rp 57 miliar sisa Pilgub ke Pemprov Kaltim

KPU kembalikan dana hibah Rp 57 miliar sisa Pilgub ke Pemprov Kaltim
PERISTIWA | 24 Oktober 2018 01:02 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Pilgub Kalimantan Timur yang digelar serentak 27 Juni 2018 lalu, menghabiskan dana hampir Rp 260 miliar, dari total anggaran Rp 310 miliar yang dikantongi KPU Kalimantan Timur. Sisanya sekitar Rp 50 miliar, segera dikembalikan KPU Kalimantan Timur, ke Pemprov Kaltim.

"Kita akan kembalikan sisa (dana hibah) Rp 57 miliar," kata Sekretaris KPU Kalimantan Timur, Syarifuddin Rusli, saat bicara dalam Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang evaluasi pemberitaan media massa, pada Pilgub Kaltim, di hotel Bumi Senyiur, Jalan Pangeran Diponegoro, Samarinda, Rabu (23/10).

Rusli menerangkan, KPU Kaltim berhasil melakukan efisiensi dengan baik, saat pelaksanaan Pilgub Kaltim. Baik itu sejak awal tahapan, hingga penetapan pasangan terpilih.

"Juga cukup terbantu dengan Pilkada Bupati Penajam Paser Utara, yang digelar bersamaan dengan Pilgub Kaltim," ujar Rusli.

Dalam kesempatan itu, komisioner KPU Kalimantan Timur Ida Farida menerangkan, diantaranya KPU Kaltim juga melakukan kerjasama dengan media massa, cetak maupun elektronik, sejak awal tahapan Pilgub Kaltim hingga selesai. Misal, untuk urusan sosialisasi dan publikasi. "Anggarannya sekitar Rp 2 miliar," sebut Ida.

Selama Pilgub sendiri, Bawaslu Kaltim juga berperan aktif mengawasi jalannya proses Pilgub Kaltim hingga selesai. "Komunikasi kami bersama dengan media, terbangun dengan baik. Tentu tantangan kedepan, pada pemilu 2019, lebih besar lagi," demikian komisioner Bawaslu, Hari Darmanto. (mdk/rhm)

Baca juga:
Debat Pilpres 2019 digelar 5 kali, KPU godok tema dan panelis
Bawaslu temukan pemilih di Jateng bernama N dan IN, 1 salah ketik jenis kelamin
KPU belum bahas usulan kubu Prabowo yang ingin debat capres di kampus
KPU gelar Gerakan Melindungi Hak Pilih di CFD Jakarta
KPU Jakarta buka pos pendaftaran bagi masyarakat belum masuk DPT di CFD
KPU: Salah tulis laporan dana awal kampanye, internal PSI kaget uangnya banyak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami