KPU Medan Tetapkan Bobby Nasution Jadi Wali Kota Terpilih

KPU Medan Tetapkan Bobby Nasution Jadi Wali Kota Terpilih
Ketua KPU Medan menyerahkan surat keputusan kepada Bobby Nasution dan Aulia Rachman. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 18 Februari 2021 19:11 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan Muhammad Bobby Afif Nasution-H Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Hotel Aryaduta, Medan, Kamis (18/2).

Bobby dan Aulia hadir langsung di rapat pleno itu. Pesaing mereka, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi tidak tampak di sana.

"Menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020 adalah sebagai berikut: nama calon Wali Kota Muhammad Bobby Afif Nasution dan nama calon Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, nomor urut 2, perolehan suara 393.327," kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik saat membacakan penetapan.

Sementara itu, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Medan yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka sebagai pemimpin di Kota Medan periode 2021-2024. Dia juga berterima kasih kepada penyelenggara Pemilu, karena adanya peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada Medan 2020.

Suami Kahiyang Ayu juga mengajak masyarakat berkolaborasi untuk membangun Kota Medan. "Mudah-mudah amanah diberikan kepada kami. Kami bermohon kolaborasi kepada seluruh masyarakat dan seluruh stakeholder. Sama-sama kita wujudkan perubahan Kota Medan, yang luar biasa menuju Medan berkah," jelas Bobby.

Pilkada Medan 2020 hanya diikuti dua pasang calon. Pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, diusung PKS dan Partai Demokrat. Partai pengusung ini hanya memiliki 11 kursi di DPRD Kota Medan. Sementara pasangan nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman diusung koalisi 8 partai yang menguasai 39 kursi di DPRD Kota Medan, yakni PDIP, Partai Gerindra, Golkar, NasDem, Hanura PAN, PSI, dan PPP.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara yang ditetapkan KPU Medan yakni: Bobby-Aulia memperoleh 393.327 suara atau 53,45 persen dari suara sah. Sementara pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, hanya memperoleh 342.580 suara atau 46,55 persen. (mdk/yan)

Baca juga:
Penggugat Tak Hadir, Perkara Sengketa Hasil Pilkada Medan di MK Dinyatakan Gugur
Gugat Keunggulan Bobby Nasution ke MK, Akhyar-Salman Minta PSU di 15 Kecamatan
KPPU Ingatkan Paslon Pemenang Pilkada Tak Cawe-Cawe Proyek ke Timses
Saat Menantu Jokowi Kalah oleh Golput di Pilkada Medan
Tim Akhyar-Salman Ungkap Kejanggalan Pilwalkot Medan, Tolak Hasil Quick Count
Bobby-Aulia Raih Suara Terbanyak di Pilkada Medan, Golput 54 Persen

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami