KPU Persiapkan Diri Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu di MK

PERISTIWA | 21 Mei 2019 18:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghormati langkah paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang akan mengajukan gugatan terhadap hasil rekapitulasi Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisoner KPU Viryan Aziz mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi gugatan itu.

"KPU menghormati sikap yang ditempuh Pak Prabowo, dan kita sama-sama tahu, beliau adalah negarawan dan kita mengapresiasi tentunya," katanya di Kantor KPU, Selasa (19/5).

KPU mempersiapkan kuasa hukum dan data-data hasil rekapitulasi Pemilu dalam rangka menghadapi gugatan tersebut. Sehingga, Viryan menegaskan, pihaknya akan siap menghadapi gugatan itu.

"Harus siap dong, KPU langsung mempersiapkan diri dengan data hasil Pemilu semuanya kita siapkan, langsung tim teknis mempersiapkan diri menghadapi gugatan itu dan semangatnya adalah bagi KPU bukan semangat menang kalah dalam sengketa di MK, tapi demi keadilan Pemilu," ujarnya.

Terkait penetapan hasil suara Pemilu yang dilaksanakan Selasa dini hari, Viryan memastikan penetapan itu sesuai UU dan tidak dipercepat atau diburu-buru.

"Bukanlah sesuatu yang sifatnya terburu buru atau sesuatu yang dipaksakan. Namun itu proses yang berjalan secara alamiah dan kegiatan tersebut secara berjenjang. Sebagai contoh, Pemilu di TPS kan gak ada jeda sampai pukul 01.00, 02.00 sampai subuh kan terus berjalan," tandasnya

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Massa Mulai Banjiri Kantor Bawaslu
Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Rekapitulasi Suara KPU
Saran JK ke Prabowo: Etisnya Selalu yang Kalah Menghampiri
Dilakukan Dini Hari, KPU Bantah Tetapkan Hasil Pemilu 2019 Diam-diam
Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi Pemilu dari KPU
Antisipasi Aksi Demo, Gedung Bawaslu Dikelilingi Kawat Berduri
Rekapitulasi KPU Selesai, Prabowo-Sandiaga Kembali Tegaskan Tolak Hasil Pilpres

(mdk/fik)