KPU Solo Sebut Berkas Syarat Calon Teguh Perlu Perbaikan

KPU Solo Sebut Berkas Syarat Calon Teguh Perlu Perbaikan
PERISTIWA | 4 September 2020 20:44 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) sudah mendaftar Pilkada Solo ke KPU setempat, Jumat (4/9). Meski Gibran sudah menyatakan pencalonannya diterima, namun KPU masih akan melakukan penelitian syarat calon dan pencalonan, sebelum penetapan bakal calon pada 23 September nanti.

"Jadi gini, terkait pendaftarannya Mas Gibran dan Pak Teguh, itu kan kami harus melihat syarat pencalonan dan syarat calon. Syarat pencalonannya, didaftarkan oleh partai politik, dibuktikan dengan yang mendaftarkan partai politik, yaitu form B1 KWK parpol. Dan yang kedua dibuktikan dengan rekomendasi dari DPP B1 KWK Parpol, kemudian kami ngecek dengan salinan surat keputusan kepengurusan DPC. Kalau sudah ada dilegalisir, itu sah dan memenuhi syarat. Itu yang pertama dan paling utama," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti.

Nurul menyebut, berkas syarat calon masih ada yang perlu diperbaiki. Terutama untuk berkas calon Teguh Prakosa. Masa penelitian administrasi berkas pencalonan dan calon akan dilakukan hingga 12 September 2020.

"Kemudian berkas syarat calon, Itu ada. Tapi kami lihat sepertinya masih ada yang perlu diperbaiki, khususnya di tempatnya Pak Teguh. Saya belum begitu melihat," terangnya.

Namun Nurul belum bersedia membeberkan kekurangan syarat tersebut. Selain tahapan tadi, KPU juga harus melakukan verifikasi ke instansi yang berwenang, kaitannya dengan keaslian ijazah pendidikan, ketaatan membayar pajak, kelakuan baik ke pengadilan dan lainnya.

"Kalau syarat calon memang masih ada kemungkinan perbaikan. Perbaikannya tanggal 12 selesai, 13 sampai 14 kami serahkan. Nanti perbaikannya sampai dengan 16 September," jelasnya.

Setelah tahapan tersebut, jika memenuhi syarat dan lengkap, KPU akan menetapkan bakal pasangan calon Gibran-Teguh pada 23 September 2020.

"Kalau mau menulis syarat dan lengkap maka pasangan calon Gibran dan Teguh akan ditetapkan tanggal 23," jelasnya.

Nurul menjelaskan, persyaratan pencalonan sudah otomatis saat pihaknya memberikan form BA. Sehingga otomatis dinyatakan sah dan memenuhi syarat. KPU juga telah memberikan tanda terima kepada pasangan calon Gibran-Teguh.

"Ini tadi sudah sah dan memenuhi syarat, jadi diterima," tandasnya. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami