KPU Solo Sebut Debat Pilwalkot Undang Daya Tarik, 2 Televisi Berebut Siaran

KPU Solo Sebut Debat Pilwalkot Undang Daya Tarik, 2 Televisi Berebut Siaran
PERISTIWA | 18 Oktober 2020 13:28 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menjadwalkan debat paslon pada 6 November dan awal Desember mendatang. Dua stasiun televisi swasta nasional dikabarkan ingin melakukan siaran langsung debat calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Solo.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, membenarkan adanya kabar tersebut. Debat antara putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan pasangannya Teguh Prakosa dengan pasangan Bagio Wahyono FX Supardjo (Bajo) memang mengundang perhatian banyak pihak.

"Debat paslon Pilwakot Solo berpotensi mengundang daya tarik masyarakat. Tidak salah jika ada dua stasiun televisi nasional berebut menyiarkan secara eksklusif," ujar Nurul, Minggu (18/10).

Nurul menegaskan, pihaknya belum memutuskan satu dari dua televisi nasional yang akan menyiarkan debat paslon secara eksklusif. Nurul juga enggan menyebutkan nama kedua stasiun televisi nasional tersebut.

"Kita lihat dulu nanti, belum ada keputusan hak siar debat paslon," tandasnya.

Nurul menjelaskan, pihaknya masih harus mempelajari regulasi untuk bisa memberikan hak siar esklusif kepada salah satu stasiun televisi. Menurutnya, debat paslon di Pilkada Solo akan menarik perhatian masyarakat hingga berpengaruh pada iklan di televisi yang menyiarkan.

"Kerjasama dengan televisi kami perlukan, karena debat publik harus disiarkan secara langsung melalui lembaga penyiaran publik milik pemerintah atau swasta," jelas dia.

Kendati akan disiarkan stasiun televisi nasional, pihaknya tetap akan menyiarkan langsung acara debat kandidat melalui media sosial (medsos) resmi KPU. Seperti tahapan-tahapan lainnya yang juga disiarkan langsung. Seperti tahapan pendaftaran, pengambilan nomor urut sampai deklarasi kampanye damai.

"Kami membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bisa menyaksikan acara debat pasangan calon Pilkada Solo," pungkas dia. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami