Kreativitas Guru di Aceh Ajarkan Siswa Lewat Video Saat Libur Cegah Corona

Kreativitas Guru di Aceh Ajarkan Siswa Lewat Video Saat Libur Cegah Corona
PERISTIWA | 18 Maret 2020 03:05 Reporter : Afif

Merdeka.com - Berbagai cara dapat dilakukan agar anak didik mendapatkan materi pelajaran, meskipun pemerintah meliburkan sekolah mencegah penyebaran virus corona. Seorang guru di Aceh berusaha agar anak didiknya dapat belajar dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang semakin canggih era digital saat ini.

Seorang guru di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Banda Aceh, Sejahtera Ali merekam video sedang mengajar mata pelajaran matematika menggunakan telepon pintarnya.

Rekaman itu dikirimkan kepada wali murid melalui WhatsApp. Siswa yang sedang berada di rumah dapat menonton video tersebut mendengarkan penjelasan pelajaran yang diajarkan itu.

Dengan demikian, siswa yang sedang berada di rumah tetap mendapatkan materi pelajaran, meskipun dengan segala keterbatasan dan tak dapat berinteraksi langsung.

Seperti terekam dalam sebuah video, seorang guru MIN 5 Banda Aceh, Sejahtera Ali tetap mengajar seperti biasa laiknya ada siswa di hadapannya. Dia tetap menulis seperti biasa di papan tulis, lalu menjelaskan mata pelajaran matematika yang diajarkan itu.

Ali mengakui, mengejar melalui rekaman video itu tidak terlalu efektif. Tetapi di tengah kondisi darurat seperti sekarang, ini merupakan beberapa alternatif yang dapat dilakukan.

Meskipun ia tak menampik, materi pelajarannya tidak selengkap belajar secara tatap muka langsung. Namun guru sudah memberikan indikator materi yang sangat penting dikuasai, sesuai dengan kurikulum yang ada.

"Di antara pilihan yang dapat diambil yaitu mengirimkan materi dan indikator yang dirasa sangat penting untuk dikuasai anak, kemudian memperkuat pemahaman anak dengan video belajar," kata Ali, Selasa (17/3).

Meskipun sekolah terpaksa harus diliburkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Aceh, Ali mengaku target belajar dari awal harus tercapai. Sebisa mungkin guru berusaha untuk membantu murid menguasai pelajarannya.

"Walaupun kita harus akui belajar langsung jauh lebih baik. Namun di saat kritis seperti saat ini, ini adalah beberapa alternatif," jelasnya.

Adapun langkah awal yang dilakukan Ali mengajar jarak jauh. Dirinya menghubungi wali murid melalui telepon. Kemudian memberikan arahan tentang pelaksanaan belajar di rumah dan memberikan materi sesuai dengan alat belajar yang dimiliki murid.

"Video itu lalu dikirim ke pesan WhatsApp milik wali murid, materi yang telah memuat semua pelajaran yang diajarkan di sekolah," jelasnya.

Dia berharap penyebaran virus corona dapat segera diatasi, terutama di bumi Serambi Mekkah. Sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan normal seperti biasa. (mdk/bal)

Baca juga:
Belajar dari Rumah, Dosen dan Guru Wajib Beri Tugas ke Peserta Didik
Belum Temukan Pasien Corona, Bupati Boyolali Tak Liburkan Sekolah
Kemenag Instruksikan Perguruan Tinggi Islam Belajar Jarak Jauh
Mendikbud Dorong Kuliah Jarak Jauh dan Tunda Wisuda
Pelaksanaan UN di Jakarta Ditunda, Aplikasi Zenius Tawarkan Bimbel Online Gratis
Respons Virus Corona, Ruangguru Buka Sekolah Online Gratis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5