Kronologis tewasnya 2 anggota Santoso spesialis pembuat bom

Kronologis tewasnya 2 anggota Santoso spesialis pembuat bom
Santoso alias Abu Wardah. ©BenarNews
NEWS | 18 Mei 2016 14:40 Reporter : Dede Rosyadi

Merdeka.com - Pekan lalu, Minggu (15/5) terjadi kontak senjata antara anggota tim Tinombala dengan kelompok teroris Santoso di Desa Pantangolemba, Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Dalam peristiwa itu dua teroris tewas tertembak yakni Yazid alias Taufiq asal Jawa, dan Firman alias aco alias Ikrima asal Desa Malino, Kabupaten Morowali Utara, Sulteng.

Kedua korban tewas itu punya peran sebagai pembuat bom. Hal itu dibuktikan dari tas rangsel ditemukan di lokasi, lima buah bom lontong dan satu botol plastik serbuk mesiu untuk bahan membuat bom.

Informasi dihimpun dari Humas Polda Sulteng, saat peristiwa tersebut salah satu tim satgas Ops Tinombala 2016 sedang mengadakan kegiatan rutin dengan cara pengendapan, dan melihat kelompok Orang Tak Dikenal (OTK) membawa senjata dari arah selatan dalam jarak jauh sedang menuruni ketinggian mengarah sungai desa Saatu.

Saat kelompok bersenjata itu berada pada jarak relatif dekat, Satgas Operasi Tinombala memberikan tembakan peringatan. Namun kelompok itu melakukan tembakan balasan, sehingga terjadi kontak tembak kurang lebih 30 menit.

Setelah terjadi kontak tembak, kelompok tersebut melarikan diri berpencar meninggalkan lokasi kontak tembak.

Pada pukul 15.43 Wita, setelah dalam perkiraan aman, Satgas Ops Tinombala melaksanakan SOP pengamanan lokasi dan pencarian barang bukti. Ditemukan empat tas besar berisi logistik dan lima bom lontong, satu botol plastik bubuk mesiu, satu unit GPS dan satu HP.

Sampai saat ini jenazah keduanya masih dalam proses evakuasi. Kondisi medan sulit anggota tetap semangat menurunkan kedua jenazah itu untuk dilaksanakan penanganan lebih lanjut oleh Tim DVI dan tim INAFIS, rencananya kedua jenazah akan dibawa ke RS Bhayangkara Palu.

Adapun sisa kelompok bersenjata lainnya melarikan diri, dan hingga saat ini masih dilakukan pengejaran. (mdk/cob)


2 Anggota teroris Santoso spesialis pembuat bom tewas ditembak
BNPT sebut Santoso cs hanya preman tanpa ideologi
Eks Panglima Jihad Maluku anggap kelompok Santoso sudah menyimpang
Beratnya perjuangan anggota TNI-Polri buru teroris Santoso
Kelakuan Santoso ini bikin anak buah tak lagi loyal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami