KTT ASEAN di AS Ditunda, Begini Nasib Pesawat Garuda yang Disewa Jokowi

KTT ASEAN di AS Ditunda, Begini Nasib Pesawat Garuda yang Disewa Jokowi
PERISTIWA | 29 Februari 2020 17:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pihak Istana Kepresidenan menghormati keputusan Amerika Serikat yang menunda penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US Summit di Las Vegas, Maret 2020.

Istana bahkan telah menyewa pesawat Garuda Indonesia berbadan lebar tipe Boeing 777-300ER untuk lawatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke negeri Paman Sam itu. Meski acara tersebut ditunda, Istana menyebut uang untuk menyewa pesawat itu tak perlu dikembalikan.

"Ini kan maskapai milik negara, Garuda. Jadi sebenarnya tidak ada yang harus dipikirkan mengenai soal uang sewa (untuk dikembalikan)," ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian saat dikonfirmasi, Sabtu (29/2/2020).

Dikarenakan pesawat tersebut milik perusahaan pelat merah, kontrak penyewaan pesawat milik Garuda ini tetap berlaku. Donny mengatakan pesawat yang sudah terlanjur disewa dapat digunakan setelah Amerika Serikat menentukan jadwal pasti acara KTT itu.

"Ini kan hanya penundaan. Mengenai pesawat tentu saja, ini kan pesawat yang disewa bisa saja dipakai kapan saja. Ketika memang waktu tempat yang definitif sudah ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat," jelas Donny.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI mengkonfirmasi bahwa Amerika Serikat menunda KTT ASEAN-US dikarenakan adanya wabah virus corona. Virus asal Wuhan, China itu diketahui telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

KTT ASEAN-US, adalah pertemuan antar pemimpin negara Asia Tenggara dan akan AS menjadi tuan rumahnya. Presiden Jokowi adalah salah satu pemimpin negara yang rencananya hadir dalam acara tersebut.

Bahkan, pihak Istana sudah menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat, karena lebih menghemat anggaran dan efisiensi waktu.

Dengan menggunakan pesawat ini, perjalanan menuju Las Vegas, Amerika Serikat hanya ditempuh dengan waktu 14 jam. Bukan hanya itu, Jokowi dan rombongan juga hanya perlu transit satu kali saja.

"Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam sehingga penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung, dengan pesawat berbadan lebar ini dapat ditempuh hanya dengan satu kali transit," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (28/2/2020).

Sementara jika menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 tipe Boeing 737-800 yang selama ini digunakan Jokowi, jarak tempuh ke Amerika bisa mencapai dua hari sebab harus tiga kali transit. Dengan hanya sekali transit, maka nantinya bisa dipilih negara transit yang aman dari virus corona.

"Manfaat lainnya dengan waktu maksimal penerbangan di atas 12 jam adalah tempat transit dapat dipilih negara yang aman dari penyebaran virus corona," kata Heru dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Selain efisiensi waktu, Heru menuturkan pesawat Garuda disewa karena dapat menghemat anggaran. Sebab, pesawat ini dapat mengangkut menteri yang akan mendampingi Jokowi selama kunjungan ke AS.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/ded)

Baca juga:
Sewa Pesawat Garuda Boeing 737-300ER, Jarak Tempuh Jokowi ke AS Lebih Cepat
Menelisik Pesawat Baru Kepresidenan Jenis Apa yang akan Disewa Jokowi?
Istana Bantah Beli Pesawat Baru Untuk Presiden, Tapi Berencana Sewa
Intip Kemewahan Pesawat Kepresidenan Meksiko yang Akan Dilelang
Sekjen Gerindra sebut Jokowi tak bisa gunakan fasilitas negara karena cuti
PKS: Jika Jokowi kampanye pakai pesawat Kepresidenan, calon lain boleh juga dong

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami