Kuasa hukum bantah Ratna pakai uang donasi Danau Toba untuk operasi plastik

PERISTIWA | 8 Oktober 2018 17:54 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin menegaskan kliennya tidak memakai dana untuk korban kapal tenggelam di Danau Toba untuk operasi plastik. Namun, dia tak membantah kalau itu adalah nomor rekening Ratna.

Dugaan Ratna menggunakan dana bantuan untuk korban kecelakaan di Danau Toba itu muncul lantaran pembayaraan operasi plastik di Rumah Sakit Khusus Bina Estetika sama dengan nomor rekening yang dipakai untuk mengumpulkan dana bantuan.

"Dana bantuan Toba itu sama sekali pertanyaannya dana yang mana? Dia kan hanya buka rekening atas nama beliau. Pertanyaannya, ada enggak yang memasukkan dana ke situ?" kata Nasrudin di Polda Metro Jaya, Rabu (8/10).

Menurutnya, sah-sah saja Ratna memakai nomor rekening sama untuk kepentingan pribadi. Namun, dari rekening itu tak ada sepersen pun dipakai oleh mantan anggota Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga.

"Kalau buka rekening sah-sah saja. Tapi apakah ada donatur yang masukkan ke situ, itu dulu deh dijawab. Kalau itu ada baru dikaitkan berapa jumlah dananya yang digunakan. Karena saya udah tanya kepada Ibu RS beliau mengatakan itu tidak ada dana yang dia gunakan untuk Danau Toba untuk oprasi, itu murni dananya dia. Supaya jangan kemana mana ini isunya," bebernya.

Ratna, kata Nasrudin, telah menghabiskan uang puluhan juta untuk operasi. "90 juta," pungkasnya.

Sebelumnya, kebohongan Ratna Sarumpaet terkait penganiayaan terhadap dirinya yang ternyata palsu merembet ke kasus lain. Publik menyoroti rekening yang digunakan Ratna membayar biaya sedot lemak sama seperti rekening yang digunakan untuk menggalang dana untuk korban kapal tenggelam di Danau Toba beberapa waktu lalu.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan adanya kesamaan rekening tersebut. Berdasarkan penelusuran penyidik, Ratna membayar biaya perawatannya di Rumah Sakit Bina Estetika menggunakan rekening yang sama.

"Itu kan dalam proses penyidikan, penyidik menemukan beliau melakukan pembayaran di rumah sakit dengan menggunakan rekening itu. Nah kalau rekan-rekan membuka di internet beliau menggunakan rekening itu untuk mengumpulkan dana kalau nggak salah di Danau Toba," ujar Setyo di Jakarta Selatan, Kamis (4/10). (mdk/ray)

Baca juga:
PDIP tak ingin campuri kasus Ratna Sarumpaet
Polri soal pemanggilan Amien Rais: Jangan takut dulu, belum-belum sudah ketakutan
Tiga anak sudah jenguk Ratna Sarumpaet, ke mana Atiqah Hasiholan?
Sibuk, alasan Amien Rais mangkir panggilan polisi terkait kasus hoaks Ratna
Polri minta tak ada pengerahan massa saat Amien Rais diperiksa atas hoaks Ratna

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.