Kuasa Hukum Minta Syafruddin Arsyad Dibebaskan Malam Ini

Kuasa Hukum Minta Syafruddin Arsyad Dibebaskan Malam Ini
PERISTIWA | 9 Juli 2019 18:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kuasa hukum Syafruddin Arsyad Tumenggung, Ahmad Yani meminta agar kliennya dibebaskan malam ini. Permintaan ini menyusul putusan Mahkamah Agung (MA) yang memutus Syafruddin terbebas dari segala tuntutan kasus penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terhadap Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

"Menurut aturan legalitasnya, apapun keputusan itu memang harus atau wajib dia (Syafruddin) dikeluarkan dengan masa penahanannya habis," ujar Ahmad Yani di depan Rutan KPK, Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Berdasarkan aturan yang berlaku, kata Yani, penahanan Syafruddin akan berakhir pada malam ini. Menurut Yani, lebih cepat kliennya dibebaskan maka akan semakin baik.

"Kita berharap bahwa memang masa penahanannya memang berakhir seperti itu, jadi ya kita menunggu batas akhir jam 12, ya jam 00.00 WIB, lebih baik kalau memang lebih cepat bisa lebih bagus juga," kata dia.

Sebelumnya, terdakwa kasus korupsi Bantuan Likudasi Bank Indonesia (BLBI) Syafruddin Arsyad Temenggung dinyatakan bebas dari segala tuntutan hukum. Keputusan itu dimuat dalam amar putusan kasasi yang dia ajukan ke Mahkamah Agung (MA).

Dalam surat putusan kasasi yang disampaikan Kabiro Humas MA, Abdullah menyebut, mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) itu memang bersalah atas perbuatannya hanya saja majelis hakim menilai tindakan Syafruddin bukan ranah pidana.

"Menyatakan SAT terbukti melakukan perbuatan sebagaimana didakwakan kepadanya, akan tetapi perbuatan itu tidak merupakan suatu tindak pidana. Melepaskan terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum," ucap Abdullah saat menggelar konferensi pers di kantor MA, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Berdasarkan putusan kasasi tersebut, hakim meminta agar jaksa mengeluarkan Syafruddin Arsyad dari tahanan, mengembalikan segala barang bukti kepadanya. Tak luput, jaksa diminta memulihkan hak dan martabat Syafruddin.

"Terdakwa dikeluarkan dari tahanan. Menetapkan barang bukti dikembalikan kepada terdakwa," ujar dia.

Reporter: Fahrur Rozie (mdk/ray)

Baca juga:
Divonis Bebas, Kuasa Hukum Jemput Syafruddin Arsyad di Rutan KPK
KPK Soal Putusan Syafruddin Bebas: Aneh Bin Ajaib
Hakim Minta Harkat dan Martabat Syafruddin Arsyad Temenggung Dipulihkan
Kasasi Dikabulkan MA, Syafruddin Temenggung Bebas dari Hukuman 15 Tahun Bui
Mantan Menkeu Bambang Subianto Diperiksa KPK Terkait BLBI

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami