Kubu Munarman Minta Sidang Kasus Terorisme Digelar Offline

Kubu Munarman Minta Sidang Kasus Terorisme Digelar Offline
Eks Sekretaris Umum DPP FPI Munarman. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 1 Desember 2021 10:33 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Tim kuasa hukum mantan Sekretaris Front Pembela Islam (FPI), Munarman, berharap sidang kasus terorisme kliennya digelar secara offline. Munarman hari ini menjalani sidang perdana kasus terorisme di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sidang perdana beragendakan mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Permintaan sidang digelar offline itu akan disampaikan tim kuasa hukum dalam eksepsi atau nota keberatan setelah mendengarkan dakwaan JPU.

"Harapan kita itu sidang offline. Maka setelah pembacaan dakwaan bakal ada eksepsi dari beliau (Munarman)," kata Kuasa Hukum Munarman, Aziz Yanuar saat ditemui wartawan, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (1/12).

Menurut Aziz, permintaan sidang offline itu sesuai dengan undang-undang. Permintaan sidang digelar secara langsung akan disampaikan tim kuasa hukum setelah eksepsi dibacakan Munarman.

"Kalau dari kita (kuasa hukum) bisa pekan depan. Kalau dari Munarman langsung setelah dakwaan jika offline," ujar dia.

Adapun Munarman, sebut Aziz, dalam sidang kali ini turut dibela sekitar 20 kuasa hukum. "Banyak sih, dari Palembang dan Jakarta, jumlahnya sekitar 20-an," sebutnya.

2 dari 2 halaman

Sidang Digelar Online

Sekedar informasi jika sidang perdana perkara dugaan pidana tindak terorisme dengan terdakwa Munarman digelar di PN Jaktim. Sidang telah dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, dengan Munarman dihadirkan secara online.

Sementara di ruang sidang utama PN Jakarta Timur, dihadiri Majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum, dan Tim Kuasa Hukum dengan agenda pembacaan dakwaan.

Ditemui di lokasi, Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, 300 personel gabungan TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP dikerahkan mengawal sidang. Personel gabungan itu disebar di luar maupun di dalam pengadilan.

"Kita sudah melakukan apel pengecekan baik lokasi maupun personel baik perlengkapannya. Ada sekitar 300 personel dari gabungan Polda, dan Polres, TNI, Satpol PP dan Dishub," sebut Erwin.

Adapun terkait sidang nanti akan digelar secara online untuk terdakwa Munarman. Sementara yang hadir di arena hanyalah perangkat sidang, yakni Jaksa Penuntut Umum (JPU), para kuasa hukum, dan hakim.

"Sidang dilaksanakan secara online, Karena yang hadir hanya perangkat sidang. Sementara para terdakwa ada di rutan masing-masing," sebutnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Polisi Jelaskan Alasan Sidang Munarman di PN Jaktim Digelar Tertutup
Munarman Hari Ini Hadapi Dakwaan Kasus Terorisme
Munarman Sidang Perdana Kasus Terorisme, 300 Petugas Gabungan Disiagakan
Eks Petinggi FPI Munarman akan Disidang atas Dugaan Kasus Terorisme Besok
PN Jaktim Gelar Sidang Perdana Kasus Munarman pada 1 Desember 2021
PN Jaktim Gelar Sidang Perdana Kasus Terorisme Munarman 1 Desember

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami