Kunjungan ke Jember, Ketua DPD akan Laporkan Kisruh DPRD-Bupati Faida ke Jokowi

Kunjungan ke Jember, Ketua DPD akan Laporkan Kisruh DPRD-Bupati Faida ke Jokowi
Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti kunjungi DPRD Jember. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Juni 2020 23:18 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti ikut menyoroti konflik antara Bupati dengan DPRD Jember. Menurutnya, ketidakharmonisan kedua institusi itu harus segera dihentikan. La Nyalla berjanji akan melaporkan masalah ini ke Presiden Joko Widodo.

"Saya mendengar dan mengkonfirmasi laporan soal ketidakharmonisan bupati dan DPRD di Jember ini. Tidak boleh seperti ini. Tidak boleh ada penguasa yang semena-mena, karena itu masalah ini akan saya laporkan ke presiden Jokowi tentang kondisi Jember sekarang," kata La Nyalla saat berkunjung ke kantor DPRD Jember, Kamis (4/6).

Dalam kunjungan tersebut, La Nyalla ditemui langsung oleh Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi dan beberapa wakil ketua DPRD. Mereka berdialog selama kurang lebih dua jam.

Beberapa permasalahan disampaikan, di antaranya Jember yang belum memiliki APBD; anggaran Covid-19 Jember yang diputuskan sepihak bupati tanpa rapat dengan pihak legislatif serta soal proses hak angket DPRD Jember. Dia mengaku mendapat keluhan dari DPRD Jember karena bupati memotong pos anggaran dewan cukup signifikan.

"DPRD ini kan partner bupati. Saya dengar malah DPRD tidak dikasih anggaran oleh bupati. Laporan ke presiden ini sudah yang paling tinggi, tidak ada lagi. Biar presiden nanti yang akan menurunkan tim," sambung La Nyalla.

Sikap bupati Jember yang mengabaikan DPRD dinilai La Nyalla akan merugikan masyarakat. "Apalagi di tengah penanganan wabah Covid-19. Yang rugi rakyat kalau gaduh terus," kata mantan Ketua Kadin Jatim ini.

Dalam pertemuan tersebut, La Nyalla juga mendapat copy salinan laporan hasil kerja Panitia Hak Angket DPRD Jember. Beberapa poin dalam berkas setebal beberapa puluh sentimeter itu antara lain terkait kasus-kasus pelanggaran dalam mutasi pegawai serta dugaan korupsi dalam sejumlah proyek di lingkungan Pemkab Jember.

"Nanti akan kita pelajari ini," tegas dia.

Baca Selanjutnya: Sementara itu Ketua DPRD Jember...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami