Kunjungan Kerja sambil Kampanye, Jokowi akan Tinjau Pengungsi Banjir Sentani

PERISTIWA | 1 April 2019 12:16 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Papua, Senin (1/4). Memulai agenda pertama, Jokowi menghadiri penandatanganan nota kesepakatan tentang pemulihan cagar alam Cycloop Sentani, di VIP Bandara Sentani, Papua. Kemudian Jokowi bakal bertemu pengungsi banjir bandang di GOR Touware Sentani.

Jokowi tiba di Bandara Sentani sekitar pukul 13.20 WIT. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam, ditemani istri Iriana Joko Widodo.

Di tengah jalan menuju lokasi pengungsian, Jokowi dicegat oleh masyarakat yang menunggunya di depan Bandara Sentani. Jokowi menyempatkan untuk berjumpa warga untuk bersalaman dan foto. Berbagai yel-yel dukungan mengantarkan rombongan Jokowi.

Penandatanganan kesepakatan ini turut dihadiri Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Gubernur Papua Lukas Enembe, serta beberapa pejabat lainnya.

Saat penandatanganan kesepakatan tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe menjelaskan kerusakan dan dampak akibat banjir bandang Sentani. Lukas menjelaskan jumlah korban jiwa dan kerusakan rumah warga yang terdampak.

Lukas menjelaskan, 105 orang meninggal dunia, 7.617 tengah mengungsi dan 17 hilang. "Kemudian total nilai kerusakan Rp 506 miliar. Jalan rusak 21,9 km, jembatan 7 unit rusak, pasar 1 unit, sekolah 21 unit, tempat ibadah 5 unit, rumah 291 rusak seluruhnya, sedang 209, ringan 1.288, rumah di danau yang terendam 1.639 di Danau Sentani. Inilah kerusakan yang terjadi," jelasnya.

Adapun maksud penandatanganan nota kesepakatan itu guna melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. Mulai dari relokasi, penyiapan hunian dan perbaikan ekonomi dan pendidikan.

"Ada MoU pemerintah, kajian kerusakan kerugian pasca bencana, rehab dan rekonstruksi, penyelamatan danau sentani, penataan ruang kawasan sentani dan sekitarnya. Penataan pemukiman sekitar danau sentani. Ini yg rekonstruksi pada penduduk yg kena musibah. Harus kita siapkan perumahan ibadah pendidikan rs dan kesehatan. Kita harap presiden bisa bantu," jelas Lukas.

Selain meninjau lokasi bencana banjir bandang Sentani, sebagai calon presiden petahana, Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan Tim Kampanye Daerah di Swiss-Belhotel Papua. Lalu lanjut ke Sorong, Papua Barat untuk agenda orasi politik.

Baca juga:
Di Papua, Presiden Jokowi Dijadwalkan Temui Pengungsi Banjir & Kader
Penyebab dan Solusi Menteri Basuki Pada Banjir Sentani di Papua
BNPB: 17 Masih Hilang, 35 Jenazah Korban Banjir Sentani Belum Teridentifikasi
Korban Banjir Tewas di Sentani Capai 112 Orang dan Puluhan Belum Ditemukan
Pemakaman Massal Korban Banjir Bandang Sentani
Belum Teridentifikasi, 20 Jenazah Korban Banjir Bandang Papua Dikubur Massal

(mdk/bal)