Jokowi Bakal Kurban Dua Sapi Berat di Atas 1 Ton di Palembang

Jokowi Bakal Kurban Dua Sapi Berat di Atas 1 Ton di Palembang
PERISTIWA | 13 Juli 2020 21:02 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo kembali memberikan sapi untuk kurban di Palembang. Sapi yang disiapkan jenis simental dan limosin dengan bobot di atas satu ton.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Iskandar mengungkapkan, pihaknya bersama Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) ditunjuk pemerintah pusat untuk memilih sapi kurban milik Jokowi. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan agar sapi yang dipilih sehat dan berkualitas.

"Ada dua jenis sapi yang bakal dipilih untuk kurban presiden nanti, ada limosin berat 1,168 ton dan simental 1,169 ton," ungkapnya, Senin (13/7).

Menurutnya, kedua sapi itu sama-sama berbobot di atas satu ton dengan harga sekitar Rp85 juta. Sapi itu milik peternak asal Palembang yang menjadi langganan kurban Jokowi bagi warga kota itu.

"Tahun lalu presiden memilih sapi jenis Ongole asli India, harga dan beratnya sama dengan sapi kurban tahun ini," ujarnya.

Iskandar mengatakan, pihaknya rutin memeriksa hewan kurban yang dijual peternak. Suhu tubuh sapi dicek menggunakan thermal gun, pemeriksaan feses bebas dari cacing, pakan dan lainnya.

"Hewan ternak yang dikurban harus bebas dari penyakit, penjual juga tidak asal ambil untung sehingga merugikan banyak orang," kata dia.

Baca Selanjutnya: Sementara itu pemilik peternakan sapi...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami