Lagi, 24 Pemudik Dinyatakan Positif Covid-19

Lagi, 24 Pemudik Dinyatakan Positif Covid-19
swab antigen bagi pemudik yang kembali. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 16 Mei 2021 17:18 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Sebanyak 36.468 unit kendaraan telah diputarbalik oleh petugas pada Sabtu (15/5) kemarin. Mereka yang diputarbalikkan itu terkait adanya aturan larangan mudik lebaran.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 16.607 unit di antaranya roda dua, 16.388 unit roda empat, 284 unit roda dua penumpang dan 3.189 unit kendaraan barang.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, jumlah kendaraan yang diputarbalik hasil penyekatan di 22 titik pada ruas tol. Kemudian 147 titik pada ruas non tol atau arteri dan 212 di ruas jalur alternatif.

"Untuk total kendaraan yang diperiksa sebanyak 50.315 unit. 36.468 di antaranya diputarbalik karena tidak persyaratan yang telah ditentukan," kata Argo dalam keterangannya, Minggu (16/5).

Argo menyebut, dalam penyekatan tersebut pihaknya juga melakukan kegiatan rapid test. Dari 3.250 kali rapid test yang dilakukan kepada pemudik, 24 orang dinyatakan positif. Sementara 3.226 orang negatif.

"Kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah pembagian masker kepada masyarakat. Untuk pembagian masker jumlah sebanyak 1.968 kali," sebutnya.

Selain itu, untuk meminimalisir terjadinya lonjakan penyebaran virus Covid-19. Polri telah melakukan monitoring terhadap sejumlah tempat wisata di Jakarta seperti Ancol, TMII, Ragunan dan tempat wisata yang berada di Jawa Barat yakni Pangandaran.

"Hasil monitor dan pulbaket terkait situasi Kamtibmas dan arus lalin di lokasi wisata secara umum aman dan kondusif. Objek wisata pantai relatif kondusif tidak terdapat konsentrasi wisatawan yang melebihi batas normal," tutupnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Polda Metro Berlakukan Pos Penyekatan Arus Balik Hingga 24 Mei
Pemudik Diminta Taat Protokol Kesehatan Ketika Kembali Ke Perantauan
Wanita yang Ngamuk Memaki Petugas di Cilegon Mau ke Anyer
Tinjau Pelabuhan Bakauheni, Doni Tekankan Pencegahan Lonjakan Covid-19 Pascalebaran
Polda Jatim Lakukan Penyekatan Arus Balik, Cegat Pemudik untuk Tes Cepat Covid-19
Hadapi Arus Balik, Polisi Perketat Pemeriksaan Administrasi di Tol Kalikangkung

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami