Lagi Kemping, Wisatawan Gunung Dempo Pagaralam Diserang Harimau

PERISTIWA | 17 November 2019 00:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Seorang wisatawan Taman Wisata Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatera Selatan, Irfan (19), diserang harimau Sumatera. Korban dilarikan ke rumah sakit karena mengalami banyak luka di tubuhnya.

Peristiwa itu terjadi saat korban bersama rekan-rekannya asal Sekayu, Musi Banyuasin, camping di lokasi, Sabtu (16/11). Tiba-tiba datang seekor harimau Sumatera yang langsung merobek tenda dan menyerang korban.

Beruntung, korban diselamatkan teman-temannya dan binatang buas itu masuk ke hutan setelah diusir. Korban dilarikan ke RS Basemah Pagaralam untuk perawatan lebih lanjut. Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara mengatakan, kondisi korban sudah cukup stabil. Namun masih terlihat trauma usai diserang raja hutan.

"Benar ada wisatawan diserang harimau Sumatera, korban sekarang masih dirawat karena banyak luka," ungkap Dolly.

Saat ini, pihaknya bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bendacana Daerah (BPBD) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tengah mencari keberadaan harimau Sumatera. Hal itu untuk menghindari adanya serangan serupa yang menimpa pengunjung lain.

Selain itu, kata dia, pihaknya meminta kepala pengelola tempat wisata untuk menutup sementara waktu hingga kondisi sudah kondusif. Bagi wisatawan juga diimbau membatalkan kegiatan camping di lokasi dan menghindari titik-titik yang rawan munculnya harimau Sumatera.

"Kami minta ditutup sementara segala aktivitas di sana karena membahayakan," pungkasnya.

Baca juga:
BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap Cari Harimau Sumatera di Taman Nasional Zamrud
Harimau Sumatera Muncul di Area Pipa Minyak Taman Zamrud
Warga Ketakutan, Minta Pemerintah Tangkap Harimau Sumatera yang Tewaskan Pemuda
Harimau Mangsa Lembu Warga di Langkat
Harimau Sumatera Serang Warga di Indragiri Hilir Hingga Tewas
Deretan Hewan Buas yang Menderita Akibat Kebakaran Hutan di Indonesia
Harimau Sumatera Muncul di Tengah Kebakaran Hutan dan Lahan

(mdk/lia)