Lagi tunggu pembeli, Penjual kulit harimau Sumatera dibekuk

Lagi tunggu pembeli, Penjual kulit harimau Sumatera dibekuk
Jual beli kulit harimau digagalkan. ©2014 merdeka.com/dwi prasetya
NEWS | 28 Oktober 2014 10:23 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten, Selasa (28/10) dini hari, berhasil menggagalkan transaksi jual beli kulit harimau Sumatera di Rest Area KM 68 Tol Tangerang-Merak. Para pelaku berhasil diringkus saat akan melakukan transaksi penjualan di tempat tersebut.

Pelaku diamankan setelah pihak BKSDA mendapatkan laporan dari warga akan adanya transaksi jual beli kulit harimau. Setelah mendapatkan laporan tersebut, BKSDA pun melakukan pemantauan aktivitas pelaku mulai dari masuknya mobil pelaku di Serang, Banten. Dari tangan pelaku diamankan sebuah kulit harimau yang masih lengkap dengan bagian tubuh lainnya seperti kepala dan kaki.

Dan saat kulit harimau dikeluarkan dari sebuah kardus yang ditutup rapat menggunakan lakban, tercium bau amis yang masih menyengat.

"Harimau Sumatera adalah satwa yang dilindungi undang Undang No 5 Th 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Dengan demikian maka tersangka diancam pidana penyelundupan dengan hukuman 5 tahun penjara," ujar Anggota BKSDA Polhut Polda Banten, Uday Husada, Selasa (28/10).

Diketahui pelaku yang di sergap berinisial SUM. Saat ditangkap dia tengah bersama seorang teman wanitanya berencana akan menjual kulit harimau ke seseorang.

"Saya tidak tahu pasti harganya. Tapi berdasarkan informasi, harga kulit harimau ini berkisar antara Rp 60 juta sampai Rp 80 juta," ujar Uday. (mdk/hhw)

Jatuh saat main, anak gajah berusia 2 tahun di Aceh mati

BKSDA lepaskan lumba-lumba berusia 15 tahun di perairan Jepara

10 Tahun ini gajah Sumatera di Air Sugihan menyusut sisa 30 ekor

MUI sosialisasikan fatwa pelestarian satwa langka di Pekanbaru

Cerita anak sapi berkepala dua yang diberi nama Prabowo-Jokowi

Sapi berkepala dua di Mojokerto diberi nama Prabowo-Jokowi

BKHI lepaskan 8 kera hasil razia topeng monyet ke Hutan Cikepuh

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami