Lahan Terbakar di Sumsel Hingga Hari ini Capai 3.514 Hektare

PERISTIWA | 16 September 2019 15:33 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan hingga hari ini tercatat seluas 3.514 hektare. Daerah terluas yang mengalami karhutla berada di Kabupaten Musi Banyuasin seluas 1.202 hektare.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, dari luasan yang terbakar hanya 312 hektare di antaranya berhasil dipadamkan satgas darat. Ada juga ratusan hektare yang ditanggulangi melalui water boombing oleh helikopter.

"Total dari awal tahun sampai sekarang ada 3.514 hektare lahan terbakar," ungkap Ansori, Senin (16/9).

Menurut dia, satgas darat kesulitan melakukan pemadaman lantaran akses menuju TKP terbilang sulit. Terlebih ketersediaan air sulit didapatkan.

"Banyak kendala yang dihadapi petugas di lapangan. Tapi kawan-kawan tetap berjuang maksimal, dari pagi sampai pagi," ujarnya.

Dia menambahkan, titik panas yang terpantau hari ini sebanyak 471 titik yang tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir (188 titik), Ogan Ilir (53 titik) dan Musi Banyuasin (51 titik). Sementara jumlah hotspot sepanjang tahun ini 5.277 titik.

"Titik panas masih tersebar, petugas tengah memadamkan api. Mudah-mudahan petugas tetap sehat agar bisa melaksanakan tugasnya," pungkasnya.

Baca juga:
Gara-Gara Asap Pekat, 2 Pesawat Berputar di Langit Palembang
Daftar Ratusan Penerbangan Lion Air yang Batal & Delay Gara-gara Kabut Asap
Atasi Karhutla, Gubernur Sumsel Minta Tambahan Helikopter Pengebom Air
Perjuangan Petugas Berjibaku Padamkan Karhutla Pekanbaru di Kegelapan
Pantauan Udara Kondisi Lahan Gambut di Riau yang Hangus Terbakar
Hingga September 2019, 175 Orang dan 4 Korporasi Jadi Tersangka Karhutla

(mdk/ded)