Lapas di Jateng Overload, Terpidana Seumur Hidup Dipindah ke Lapas Kedungpane

PERISTIWA | 21 Agustus 2019 11:52 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Sejumlah terpidana mati dan seumur hidup dari beberapa lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) dipindahkan ke Lapas Kelas IA Kedungpane, Ngaliyan, Semarang. Pemindahan dilakukan lantaran kapasitas tahanan sudah tidak bisa menampung dua narapidana tersebut.

"Rata-rata yang dipindah kasus pembunuhan berencana dan kasus narkoba. Mereka semua dipindah sudah menempati lapasnya sejak enam bulan terakhir," kata Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane, Dadi Mulyadi, Rabu (21/8).

Dia menyebut lapas Kedungpane dipilih karena memiliki kapasitas besar dengan sistem pengamanan berlapis.

"Jadi napi-napi dari daerah sudah tidak bisa tertampung karena keterbatasan kapasitas sel tahanan, maka dipindahkan ke Lapas Kedungpane. Ini mengingat tempat kita jadi satu-satunya lokasi penahanan kelas satu yang ada di Jawa Tengah," ujarnya.

Terkait masa eksekusi terpidana mati, pihaknya masih menunggu kebijakan dari Menkumham. "Intinya nunggu perintah Kementerian Hukum dan HAM pusat," ungkapnya.

Jika para terpidana mati dan seumur hidup itu mengganggu keamanan, pihak Lapas Kedungpane akan memindahkan mereka ke lapas super maximum security di Pulau Nusakambangan, Cilacap.

"Jadi ketika ada laporan bahwa ada perilaku napi ganggu keamanan penghuni lapas, langsung kita pindah ke super maximum security di Lapas Pasir Putih," ungkapnya.

Dari informasi tiga terpidana seumur hidup ajukan grasi ke Presiden Jokowi. Sebab usianya sudah memasuki angka 70 tahun.

"Tapi entah diterima atau tidak, itu jadi kewenangan Presiden Joko Widodo," tutup Dadi Mulyadi. (mdk/ray)

Baca juga:
Kendalikan Peredaran Narkoba dari Malaysia, Napi Lapas Cilegon Diamankan BNN
16.503 Napi di Sumut Dapat Remisi HUT ke-74 RI, 368 Orang Langsung Bebas
Begini Cara Napi di Brasil Nyamar Jadi Wanita untuk Kabur
Peringatan Hari Anak Nasional, Ditjen PAS Bebaskan 98 Napi Anak
Over Kapasitas, 50 Napi Narkoba Asal Sumsel Dikirim ke Nusakambangan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.