Laporan dari Ukraina: Jokowi Tak Pakai Rompi Antipeluru, Saat Ini Bertemu Zelensky

Laporan dari Ukraina: Jokowi Tak Pakai Rompi Antipeluru, Saat Ini Bertemu Zelensky
Presiden Jokowi tiba di Ukraina. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
NEWS | 29 Juni 2022 15:09 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sang istri, Iriana mengunjungi Ukraina, Rabu (29/6). Jokowi tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina, sekitar pukul 08.50 waktu setempat.

Jokowi tampak menggunakan jaket biru dan celana hitam. Sedangkan Iriana mengenakan jaket biru dan kerudung putih.

Seorang sumber yang ikut dalam rombongan menceritakan, Jokowi tidak mendapat pengawalan khusus. Kepala Negara juga tidak menggunakan baju antipeluru.

"Tidak pakai baju antipeluru," kata sumber kepada merdeka.com.

Menurut sumber ini, justru Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang mengenakan baju antipeluru. "Di sini tidak perlu takut, orang-orang di sini baik," ujarnya.

Saat ini sekitar pukul 14.30 WIB, Jokowi sedang bertemu Presiden Ukraina Zelensky di ruang khusus. Sementara Paspampres berjaga di luar gedung. "Presiden sedang bertemu Presiden Ukraina," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Kedatangan Jokowi ke Ukraina disambut oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv.

Pengawalan terus dilakukan tentara bersenjata laras panjang sampai Jokowi dan Iriana masuk ke dalam mobil. Sebelum tiba, Jokowi menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam dari Polandia.

Di hari keempat agenda kunjungan kerjanya ke luar negeri, Jokowi dan Iriana akan berada di Ukraina untuk melakukan sejumlah kegiatan, diawali dengan mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

3 dari 3 halaman

Mereka juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Pada siang harinya, kepala negara RI itu akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Sore harinya, Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kyiv untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan KLB.

(mdk/rnd)

Baca juga:
Senyum Presiden Jokowi Tiba di Ukraina, Dikawal Tentara Bersenjata Laras Panjang
Penampakan Tentara Bersenjata Laras Panjang saat Jokowi Tiba di Ukraina
Selain Perdamaian, Apa yang Diincar Jokowi Saat Pergi ke Ukraina dan Rusia?
Momen Presiden Jokowi dan Iriana Naik Kereta Menuju Ukraina
Penampakan 'Kereta Luar Biasa' Bawa Jokowi ke Ukraina, Biasa Dipakai Pemimpin Negara

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini