Layanan SKCK di Polres Jakarta Selatan Tutup Lebih Awal

PERISTIWA | 12 November 2019 14:56 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 dibuka pada hari ini, Senin (11/11) lalu, hal ini berdampak pada peningkatan pengurusan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polres Metro Jakarta Selatan.

Pantauan dari Merdeka.com pada pukul 13:00 WIB, Polres Metro Jakarta Selatan sudah ramai oleh masyarakat yang ingin membuat SKCK.

Polda Metro Jakarta Selatan melayani pembuatan SKCK dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB. Namun antusiasme warga dalam mengikuti pendaftaran CPNS, Polres Jaksel terpaksa menutup layanan pada pukul 13:30 WIB.

Salah satu warga yang membuat SKCK, Tia Ayu (18). Dia tidak bisa menyerahkan berkas pendaftaran dikarenakan loket pendaftaran yang sudah tutup.

"Pas daftar online tidak ada kendala, cuma kendalanya ini di website tulisan jam operasional itu jam 08.00 WIB sampai 15.00 WIB, tapi ini baru jam satu sudah tutup," katanya di Polres Jakarta Selatan, Selasa (12/11).

1 dari 1 halaman

Harus Daftar Online

Sebelumnya, Tia sudah mendaftarkan diri di portal online SKCK. Sekarang ini, setiap warga yang hendak mengurus SKCK terlebih dahulu harus mendaftarkan dirinya di www.skck.polri.go.id

Dalam pendaftaran online nantinya masyarakat diminta untuk mengisi data diri, melengkapi prasyarat yang dibutuhkan dan mengisi pelanggaran hukum apa saja yang pernah dilakukan. Setelah semua proses online selesai pendaftar akan mendapat kode pendaftaran yang akan ditunjukan ke Polres untuk mengambil rumus sidik jari.

Bila sudah mengambil sidik jari, pendaftar SKCK bisa langsung ke loket dengan menyerahkan berkas seperti fotocopy KTP, KK, Akta kelahiran dan Foto 4x6 enam lembar serta membayar administrasi Rp30.000 uang tersebut nantinya akan masuk ke kas negara.

Setalah itu, pendaftar akan mendapat nomor antrean untuk mengambil SKCK. Dan bagi yang ingin melegalisir SKCK disarankan untuk fotocopy terlebih dahulu, dan Polres memberikan maksimal legalisir 20 lembar. (mdk/fik)

Baca juga:
Menteri Tjahjo Ungkap Sebab Passing Grade CPNS 2019 Diturunkan
Peminat Sulit Akses Situs Pendaftaran CPNS 2019, Begini Penjelasan MenPAN Tjahjo
Berikut Passing Grade Tes SKD CPNS 2019
Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Simak Tata Cara Mendaftar di Portal SSCN BKN
Nilai Ambang Batas Tes CPNS 2019 Diumumkan Sore Ini
Jumlah Pendaftar CPNS di sscn.bkn.go.id Diprediksi Naik 10 Persen