Lebih Cepat dari Jadwal, Bayi Kembar Dempet Dada & Perut Berhasil Dipisahkan

PERISTIWA | 14 Agustus 2019 20:11 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Bayi kembar siam dempet dada dan perut Akila dan Azila akhirnya berhasil dipisahkan. Operasi pemisahan kembar siam asal Kendari ini berlangsung lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya diprediksi selama 12 jam.

Semenjak masuk ruang operasi pada pukul tujuh pagi tadi, tim dokter mampu mengoperasi dan memisahkan sekitar pukul 12 siang. Dan masih di meja operasi, pasca berhasil dipisahkan, kedua bayi ini pun ditangani masing-masing tim dokter.

"Berkat Tuhan Yang Maha Kuasa, tim dokter bayi kembar siam berhasil memisahkan Akila dan Azila. Operasi pemisahan yang diprediksi berlangsung selama 12 jam ternyata dapat lebih cepat. Tadi sekitar jam 12.00 Wib kedua bayi berhasil dipisahkan," kata Ketua Tim Dokter Bayi Kembar Siam, Agus Hariyanto.

Dia mengungkapkan, proses penanganan dan operasi lanjutan bayi Akila pasca pemisahan berlangsung lancar. Sementara bayi Azila terbilang lebih sulit. Pasalnya, tim dokter harus memasang plat untuk mengganti sebagian tulang dada Azila.

Membutuhkan waktu hingga pukul 5 sore untuk menyelesaikan penanganan bayi Azila. Proses jalannya operasi pemisahan ini disiarkan melalui layar monitor yang dapat ditonton di ruang rapat Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU Dokter Soetomo Surabaya.

Dalam gambar yang disiarkan dari ruang operasi ini terlihat proses pemisahan Akila dan Azila yang dilakukan tim dokter.

Baca juga:
Pagi Ini, Bayi Kembar Siam Akila dan Azila Jalan Operasi Pemisahan
Bayi Kembar Siam Dempet Dada dan Perut Jalani Operasi Pemisahan 14 Agustus
Kesehatan Terus Membaik, Bayi Kembar Dempet Dada dan Perut Segera Dioperasi
70 Dokter RSUD Soetomo Dilibatkan Operasi Pemisahan Bayi Dempet Dada dan Perut
Bayi Kembar Dempet Dada dan Perut asal Kendari Jalani Perawatan di Surabaya
Bayi Kembar Dempet Perut Adam-Malik Berhasil Dipisahkan
Rumah Sakit Tanggung Biaya Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam-Malik

(mdk/fik)

TOPIK TERKAIT