Lepas Wisudawan Purnawirawan Polri, Kapolri Teringat Dikerjai Senior

PERISTIWA | 17 Juli 2019 11:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri wisudawan purnawirawan perwira tinggi Polri di auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (17/7). Tito menyebut, acara ini merupakan momentum penting dan bentuk penghormatan kepada para senior yang pensiun.

"Pada hari ini secara resmi Polri mewisuda purna bakti meskipun sudah ada yang sudah menerima SKEP pensiun dan lain lain, tapi hari ini kita melepas sebagai tanda penghormatan kita kepada senior-senior yang telah purna," kata Tito dalam sambutannya.

Tito tak menyangka waktu berlalu begitu cepat. Dia teringat masa pendidikan dan pernah jahili para seniornya yang hari ini pensiun.

"Kita rasanya melihat apa yang terjadi di taruna sampai hari ini sepertinya baru seperti kemarin saja. Saya terasa masih seperti dikerjai oleh senior-senior," ucap Tito.

Dia menambahkan, banyak suka duka yang belum tentu ada di perguruan tinggi lain selain di akademi TNI dan Polri. Menurut Tito, menjadi anggota Polri bukan tugas ringan.

"Di saat tertentu kita juga dibenci, begitu ditangkap mulai ada yang marah, enggak suka, itulah risiko. Kita hidup dan saya kira kita semua merasakan bagaimana suka dan duka tersebut, banyak sekali godaan, cobaan yang mungkin lebih berat dari profesi lain," tuturnya.

Eks Kepala BNPT itu bersyukur, para purnawirawan yang pensiun bisa menempuh tugas panjang dengan baik.

"Kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu menandai telah menyelesaikan darma bakti di Polri dalam keadaan khusnul khotimah," tutup Tito.

(mdk/did)