Lereng Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

PERISTIWA | 26 Oktober 2019 03:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sejumlah titik di hutan lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terbakar dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya jalur pendakian dan wisata Gunung Lawu melalui Candi Cetho, Cemoro Kandang dan Pringgondani ditutup sementara.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, penutupan wana wisata ke Puncak Gunung Lawu berdasarkan surat pemberitahuan dari Pemkab Karanganyar. Penutupan terhitung mulai 21 Oktober 2019 lalu.

"Penutupan dilakukan karena kawasan hutan Gunung Lawu di beberapa titik terbakar," katanya, Jumat (25/10).

Penutupan, lanjut dia, guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan, hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Penutupan jalur pendakian dimulai sejak 21 Oktober sampai batas waktu belum ditentukan.

"Kita menunggu sampai api benar-benar padam," ujarnya.

Lebih lanjut, Jawoto menerangkan, kawasan hutan Gunung Lawu yang terbakar tersebut terjadi di sekitar Cetho hingga masuk ke Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Dengan luasan sekitar 10 hektare. Namun sebagian titik sudah berhasil dipadamkan.

Meski sudah berhasil dipadamkan, pihaknya bersama relawan Gunung Lawu masih terus melakukan pemantauan kawasan hutan Gunung Lawu. Apalagi, kawasan hutan yang terbakar tersebut mengandung tanah humus.

"Dari permukaan terlihat sudah padam, tetapi kalau terkena hembusan angin kembali muncul asap," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Gunung Guntur Masih Terbakar, Pendakian Ditutup Sementara
150 Hektare Lahan di Taman Nasional Gunung Ceremai Hangus Terbakar
Lokasi Sulit Dijangkau, Kebakaran Gunung di Karawang Hanguskan 50 Hektare
Luas Terdampak Kebakaran Hutan di Kawasan Semeru Capai 115 Hektar
Sepanjang 2019, 857 Ribu Hektar Lahan Terbakar di Seluruh Indonesia
Ratusan Hektar Hutan di Lereng Gunung Wilis Kediri Terbakar

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.