Lewat Asian Games, Indonesia bisa berperan sebagai agen perdamaian dunia

PERISTIWA | 21 Agustus 2018 15:49 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Asian Games 2018 dinilai dapat mempererat persatuan dan persaudaraan untuk bersama merasakan kegembiraan dan perjuangan. Indonesia menjadi tempat yang tepat untuk menguatkan energy of Asia yaitu sinergitas, sportivitas dan harmoni.

Anggota Komisi I DPR Arief Suditomo mengatakan bukti Asian Games 2018 sebagai ajang perdamaian dunia adalah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara yang sepakat menggunakan satu bendera.

Selain itu, negara-negara yang kerap berkonflik, seperti Suriah, Palestina, Afghanistan, Yaman, mampu melupakan perbedaan pemicu konflik, seperti suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Mereka bersaing dengan sehat penuh sportivitas di arena olahraga.

"Ini adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk memainkan peran aktif sebagai agen perdamaian dunia. Jadi saya yakin Asian Games 2018 adalah sebuah ajang yang sangat bermanfaat buat bangsa," kata Arief dalam keterangannya, Selasa (21/8).

Menurut Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanulhaq, Asian Games itu harus terus digaungkan dalam menciptakan perdamaian dan kesejahteraan negara-negara Asia. Karena itu, ia menolak keras bila penyelenggaraan Asian Games 2018 dikait-kaitkan dengan sentimen agama, apalagi politik.

"Tidak ada sentimen agama, bahkan politik sedikit pun. Malah di Asian Games 2018 menjadi tonggak baru bersatunya dua Korea, Korea Selatan dan Korea Utara yang sepakat memakai satu bendera. Ini luar biasa karena melalui olahraga urusan politik menjadi lebih mudah," ujarnya.

Menurutnya, ajang ini menjadi promosi tentang kehidupan yang harmonis serta kebersamaan melawan arus kebencian dan radikalisme. Dia yakin Asian Games dapat berjalan baik tanpa gangguan dari kelompok-kelompok penyebar teror.

"Ini adalah momentum agar Asia bersatu dalam keragaman, menyuarakan nilai persaudaraan dan kemanusiaan agar bisa menyelesaikan berbagai konflik, sengketa, bencana alam, radikalisme, dan terorisme," tandasnya.

Baca juga:
Ada Asian Games, hotel di Jakarta masih sepi peminat
Kontingen Palestina di Asian Games gabungan Fatah dan Hamas
Dua calo tiket Asian Games ditangkap polisi di Senayan
Menko Puan harap Indonesia terus mendapat medali emas di Asian Games
Lifter Eko Yuli raih emas, Indonesia sudah dapat lima emas di Asian Games

(mdk/did)