Libur Lebaran, Pemkot Solo Tetap Buka Tempat Wisata

Libur Lebaran, Pemkot Solo Tetap Buka Tempat Wisata
Taman Balekambang di kawasan Manahan, Solo, tetap buka selama libur Lebaran. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 13 Mei 2021 01:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap akan membuka sejumlah tempat wisata saat libur Lebaran di tengah pandemi Covid-19. Sedikitnya dua lokasi wisata yang dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Jurug, Balekambang buka. Kapasitasnya kita batasi kok," ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Rabu (12/5).

Jurug yang dimaksud Gibran adalah Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau kebun binatang di Taman Jurug, Kecamatan Jebres. Sementara Balekambang merupakan taman yang ada di kawasan Manahan. Selain pepohonan tinggi, taman peninggalan Raja Istana Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro VIII itu juga menyajikan panggung ketoprak serta aneka hewan jinak lainnya.

Gibran mengatakan, penerapan protokol kesehatan akan diberlakukan dengan ketat. Durasi pengunjung di lokasi wisata itu juga akan dibatasi.

"Kita batasi semua. Misalnya Balekambang, wisatawan masuk dibatasi 2 jam. Keluar kita semprot, masuk lagi pengunjung baru, keluar kita semprot lagi. Begitu terus," jelasnya.

Selain batasan waktu, lanjut Gibran, pihaknya juga membatasi usia pengunjung sesuai surat edaran yang berlaku. Anak di bawah usia 5 tahun tidak diperkenankan masuk ke lokasi wisata. (mdk/yan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami