Libur Panjang, Daop 6 Operasionalkan 12 Kereta Api Tambahan

Libur Panjang, Daop 6 Operasionalkan 12 Kereta Api Tambahan
PERISTIWA | 28 Oktober 2020 00:34 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Calon menumpang diprediksi meningkat saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagai antisipasi lonjakan penumpang di stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta, baik di Solo maupun Yogyakarta mengalami peningkatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta akan mengoperasikan 12 KA jarak jauh.

"Kami akan mengoperasikan 12 KA jarak jauh keberangkatan dari wilayah Daop 6. Yakni KA Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Sritanjung," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Selasa (26/10).

Selain itu, lanjut Eko, juga terdapat sejumlah KAI lain yang melintas di wilayah Daop 6 dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian menuju ke berbagai kota tujuan. Antara lain KA Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma, dan lainnya.

"Kami juga mengoperasikan 4 perjalanan KA Bandara YIA untuk memfasilitasi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen," katanya.

"Dari Stasiun Besar Yogyakarta dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Kebumen. Dari Stasiun Kebumen dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Yogyakarta untuk mengakomodir masyarakat yang memanfaatkan penerbangan dari YIA," sambungnya.

Eko menjelaskan, tiket KA libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," tegasnya.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, dikatakannya, KAI Daop 6 juga menyediakan layanan rapid test di 2 stasiun. Yakni Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan. Ia menghimbau agar para calon penumpang melakukan rapid test 1 hari sebelum keberangkatan untuk mencegah antrian.

Ia menambahkan, saat ini jumlah penumpang KA di wilayah Daop 6 menunjukkan peningkatan. Dengan penambahan tersebut, ia berharap akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat. (mdk/lia)

Baca juga:
Libur Panjang, KAI Daop 9 Jember Tambah Rangkaian Kereta Api
Penumpang KAI Melonjak, Rapid Test Diminta Paling Lambat H-1 Berangkat
Jelang Libur Panjang, PT KAI Minta Penumpang Rapid Test H-1 Keberangkatan
PT KAI Palembang Pasang Tarif Rapid Test Rp85 Ribu untuk Penumpang
Ada Demo BEM SI, 6 KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir Berhenti di Stasiun Jatinegara
Ada Demo UU Cipta Kerja, 8 KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir Berhenti di Jatinegara

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami