Libur Panjang, Kawasan Puncak Bogor Macet Parah

Libur Panjang, Kawasan Puncak Bogor Macet Parah
PERISTIWA | 16 Agustus 2020 20:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Volume kendaraan di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat mengalami peningkatan pada libur akhir pekan dan HUT Kemerdekaan RI sehingga menyebabkan kemacetan parah. Kemacetan panjang dari kedua arah di Puncak Bogor terjadi sejak Minggu (16/8) pagi hingga sekitar pukul 17.30 WIB. Bahkan arus kendaraan tidak bergerak.

Polisi tampak tidak bisa berbuat banyak, meskipun sejumlah anggota diantaranya berupaya mengurai kemacetan terutama di setiap simpang jalan dan rest area. Tak sedikit pengendara roda dua maupun empat memilih beristirahat di rest area maupun ruang terbuka hijau, sambil menunggu kemacetan terurai.

"Sekitar 2 jam lebih saya terjebak macet. Kendaraan enggak gerak sama sekali, ke kunci di depan," kata Syahrial, pengendara motor yang terjebak kemacetan di ruas Cipayung, Jalan Raya Puncak.

Pengendara lainnya Wahyu Yustian mengaku hanya bisa pasrah saat terjebak macet di Jalan Raya Puncak, hingga 3 jam lebih.

Dirinya mengaku berangkat dari rumahnya di Depok, Jawa Barat sekitar pukul 07.30 WIB. Selepas pintu keluar Tol Ciawi mengarah Puncak, sekitar pukul 08.45 WIB, Wahyu dan keluarga kecilnya langsung disambut antrean kendaraan.

Begitu pun saat memasuki simpang Gadog perjalanan kendaraan dari arah Jakarta cenderung tak bergerak. Padahal pagi itu sedang diberlakukan one way atau satu arah ke Puncak.

Wahyu mengaku menempuh perjalanan lebih dari lima jam sejak selepas pintu Tol Ciawi hingga Pasar Cisarua.

"Sekitar 5 jam lah saya terjebak kemacetan. Karena di atas juga kendaraan dari lawan arah sudah padat," tutur Wahyu ditemui sekitar simpang Taman Safari Bogor.

Pihak kepolisian kemudian memberlakukan one way dari arah Puncak Bogor menuju Cianjur pukul 12.00 WIB hingga pukul 17.00. Kondisi ini membuat terjadinya penumpukan kendaraan yang terjebak one way. Antrean panjang dari jalan tol Ciawi maupun arteri Tajur (Kota Bogor)-Pasar Ciawi.

Baca Selanjutnya: Jalur Alternatif...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami