Libur Panjang Tahun Baru Islam, Ini 10 Titik di Puncak Berpotensi Macet Parah

Libur Panjang Tahun Baru Islam, Ini 10 Titik di Puncak Berpotensi Macet Parah
PERISTIWA | 20 Agustus 2020 13:14 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Polres Bogor mencatat terdapat 10 titik potensi kemacetan di Jalan Raya Puncak yang akan terjadi sepanjang libur panjang Tahun Baru Islam pada 20-23 Agustus 2020.

Secara keseluruhan, terdapat 360 personel gabungan di 10 titik tersebut. Yakni Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia, Ciburial, Gunung Mas dan Masjid At-Tawun.

"Kita sudah petakan ada 10 titik dan petugas akan disebar ke seluruh titik yang berpotensi mengalami kemacetan parah," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda, Kamis (20/8).

Dia memprediksi antrean kendaraan menuju Puncak akan berlangsung pada 20-21 Agustus 2020. Rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem satu arah (one way) masih jadi pilihan bagi kepolisian.

"Kita akan berlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak Bogor. Kondisi saat libur panjang ini pasti akan berdampak pada peningkatan volume kendaraan," kata dia.

Sementara puncak kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak ini diprediksi terjadi hingga Sabtu (22/8). Sementara pada Minggu (23/8), akan terjadi kepadatan kendaraan yang akan menuju Jakarta.

"Puncak kepadatan kami prediksi terjadi hari Sabtu. Untuk hari Minggu itu arus baliknya. Nah pada arus balik itu, diperkirakan sistem satu arah dari Cianjur menuju Jakarta akan lebih lama," katanya.

Meski begitu, seluruh rekayasa lalu lintas akan diterapkan tergantung situasi di lapangan. "Sistem satu arah ke atas itu pagi hari dan sore ke arah Jakarta. Tapi semua itu situasional untuk waktunya," kata dia. (mdk/rhm)

Baca juga:
250 Personel Gabungan Atur Lalin Puncak saat Libur Panjang Tahun Baru Islam
Pagi Ini, Jalur Puncak Arah Jakarta Diberlakukan Satu Arah
Libur Panjang, Kawasan Puncak Bogor Macet Parah
Lalu Lintas di Puncak Padat, Jasa Marga Terapkan Contra Flow di Tol Jagorawi
Pergi ke Puncak B29 Pakai Google Maps, Pria Ini Malah Harus Menuntun Motornya Mundur
Dukung Pemulihan Pariwisata, Kementerian PUPR Siapkan Rest Area di Puncak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami