Lima gedung teater paling berhantu sejagat

PERISTIWA | 21 September 2014 11:01 Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Banyak gedung teater yang ada di dunia ini terkenal karena kemegahannya. Gedung teater merupakan tempat terbaik untuk menonton suatu opera atau pementasan seni.

Namun sejumlah gedung teater ternyata ada yang punya sejarah dan kisah mistis yang sampai sekarang jadi misteri. Kisah-kisah menyeramkan ini muncul dari berbagai kisah yang melatarbelakanginya.

Sebut saja gedung Palace Theatre di Kota Los Angeles, Amerika, di mana pengunjung dan staf di gedung teater itu kerap melihat penampakan wanita mengenakan gaun putih saat pertunjukan dan kemudian menghilang begitu saja ke sisi panggung.

Lalu ada juga kisah mistis di gedung Paris Opera di Prancis yang menjadi tempat pementasan Phantom of Opera. Konon, hantu yang mendiami Paris Opera adalah wanita yang bunuh diri pada abad ke-19. Warga sering menemukan hantu wanita itu di jalan luar gedung, mencari-cari pria yang menolak cintanya.

Berikut lima gedung teater paling berhantu sejagat, seperti dilansir Fox News, 26 Oktober 2012 lalu.

1 dari 5 halaman

Palace Theatre di Los Angeles, Amerika Serikat

Hantu. ?2014 Merdeka.com

Palace Theatre adalah sebuah gedung teater pertunjukan film tertua di Los Angeles, Amerika. Gedung teater ini punya 'balkon ketiga', yang konon jadi tempat munculnya penampakan hantu misterius.

Para aktris dan aktor di sana sering melihat penampakan misterius di balkon itu, padahal pintunya terkunci.

Selain itu, pengunjung dan staf di gedung teater juga kerap melihat penampakan wanita mengenakan gaun putih saat pertunjukan dan kemudian menghilang begitu saja ke sisi panggung.

2 dari 5 halaman

Paris Opera di Kota Paris, Prancis

Hantu. ? Mnn.com

Pada abad ke-20, jenazah seorang laki-laki ditemukan di gedung teater Paris Opera. Inilah yang kemudian menginspirasi novel ternama, Phantom of the Opera.

Gedung teater yang telah mengalami beberapa kali renovasi sejak abad ke-19 ini terkenal sangat mewah. Tapi bukan berarti hantu yang gentayangan adalah sang 'phantom'.

Konon, hantu yang mendiami Paris Opera adalah wanita yang bunuh diri pada abad ke-19. Warga sering menemukan wanita itu di jalan luar gedung, mencari-cari pria yang menolak cintanya.

3 dari 5 halaman

Palace Theatre di New York, Amerika Serikat

Hantu. ?2013 Merdeka.com

Palace Theatre adalah gedung teater yang konon jadi tempat bersemayamnya hantu Judy Garland, aktris terkenal yang membawakan pertunjukan seperti 'Somewhere Over the Rainbow' dan 'The Man That Got Away'.

Aktris ini meninggal karena ketergantungan narkoba pada tahun 1960-an. Dalam gedung teater ini, ada satu pintu khusus yang dibuat untuk keluar-masuk Judy Garland.

Konon hantu sang aktris sering muncul di situ.

4 dari 5 halaman

Theatre Royal Drury Lane di Kota London, Inggris

Hantu. ?2014 Merdeka.com

Theatre Royal, atau yang biasa disebut Drury Lane oleh warga lokal, adalah salah satu tempat terseram di London. Ini adalah tempat bersemayamnya hantu paling terkenal di kota itu, yakni 'Man in Gray'.

Banyak orang yang mendapati penampakan pria dengan memakai rambut palsu warna abu-abu, mengenakan sepatu boots, dan topi.

Ada juga kisah penampakan hantu orang-orang yang tengkoraknya ditemukan di dalam gedung itu pada akhir abad ke-19.

5 dari 5 halaman

St James Theatre di Kota Wellington, Selandia Baru

Hantu. ?2013 Merdeka.com

Tak selamanya gedung teater yang menyeramkan ada di Inggris atau Amerika. Buktinya, St James Theatre di Wellington, Selandia Baru, punya banyak kisah seram.

Dibangun pada tahun 1913, gedung teater ini konon jadi tempat bersemayamnya hantu Yuri, pemain akrobat asal Rusia yang meninggal karena jatuh dari ketinggian saat pertunjukan.

Ada juga cerita tentang 'wanita yang meratap', yakni seorang aktris yang dipermalukan oleh penonton kemudian bunuh diri.

Konon, dialah yang bertanggung jawab terhadap suara tangisan yang membahana di gedung teater itu dan serentet kecelakaan yang terjadi pada para aktris saat pertunjukan. (mdk/ded)

Baca juga:
Mengintip Festival Teater Jakarta yang makin minim peminatnya
Penjaga Gedung Kesenian Miss Tjitjih kerap lihat penampakan
Cerita penampakan None Belanda di Gedung Kesenian Jakarta
Horornya penampilan teater rongsok di Aceh
Angkernya penampilan Teater Rongsokan di Piasan Seni Aceh