Lima Hari Terus Terendam, Korban Banjir Samarinda Sakit ISPA dan Gatal-gatal

PERISTIWA | 12 Juni 2019 17:03 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Sudah 5 hari banjir di Samarinda, Kalimantan Timur merendam ribuan rumah hingga 2 meter. Akibatnya, korban banjir mulai terserang penyakit. Tidak kurang 400 orang korban banjir, berobat di salah satu dari 11 posko kesehatan dalam 2 hari ini.

Pemkot Samarinda menetapkan posko banjir kelurahan Temindung Permai di Jalan DI Panjaitan, sebagai posko induk. Di dalamnya, terlibat tim kesehatan yang dikoordinir Dinkes Samarinda. Di posko induk itu, warga korban banjir silih berganti mendatangi pos kesehatan dalam 2 hari ini, meminta pengobatan.

"Hari pertama kunjungan Selasa (11/5) kemarin, ada 250 orang. Sampai siang ini, ada 150-an orang. Mulai ISPA, Dermatitis sampai sakit kulit," kata petugas kesehatan dari Dinkes Samarinda, Ery Wardhana, ditemui merdeka.com di posko, Rabu (12/6).

Posko kesehatan yang terintegrasi dalam posko induk, menangani keluhan penyakit ringan hingga tertentu. "Kalau hipertensi dan sakit gula, penanganan awal bisa di posko ini," ujar Ery.

Ery menggarisbawahi, 400 orang yang berobat di pos kesehatan, belum termasuk warga yang berobat di 10 pos kesehatan lainnya. "Jadi tim kesehatan ada perawat, juga dokter ini, juga ada di 10 pos kesehatan lain. Jumlah (400 orang berobat) itu baru di pos ini saja," terang Ery.

Pos kesehatan menurut Ery, hanya bertugas sampai pukul 18.00 WITA. "Warga yang datang malam hingga dini hari, disarankan langsung berobat ke rumah sakit," ungkap Ery.

Masih menurut Ery, genangan air banjir hingga beberapa hari ini, memang rentan mengakibatkan penyakit. "Dua hari ini, baru 1 orang yang kita rujuk ke rumah sakit. Itu adalah korban banjir yang sempat tenggelam kemarin," demikian Ery.

Diketahui, banjir 5 hari ini merendam ribuan rumah di Samarinda. Tercatat, tidak kurang 35 ribu jiwa terdampak banjir di 3 kecamatan. Tanggap darurat banjir berlaku sepekan sejak Sabtu (8/6) lalu.

Baca juga:
Korban Banjir Samarinda Antre Kebutuhan Balita dan Wanita
30.580 Warga Jadi Korban Banjir Samarinda
Samarinda Darurat Banjir, Wali Kota Syaharie Jaang Lagi di Jerman
Modus Evakuasi Barang, Maling Rumah Korban Banjir Samarinda Ditangkap
Nestapa Warga 3 Kecamatan di Samarinda, Siang Kebanjiran, Malam Gelap Gurita
Banjir Masih Lumpuhkan Pusat Bisnis Samarinda

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT